Rekan-Rekan FPK,

Alangkah indahnya dunia kalau kita cuma bisa bicara masalah KETAHANAN
ENERGI, lupakan yang lain. Realitanya tidak demikian, Indonesia masih
butuh DUIT untuk membiayai APBN. Kalau gas dan batubara kita simpan
saja di dalam bumi hanya untuk simpanan masa depan, bagaimana caranya
anggaran pendidikan dinaikkan 20%? Ngutang?

Meskipun gas diekspor ke luar negri, keseimbangan neraca gas domestik
dan ekspor akan diperbesar dari posisi 42:58 saat ini menjadi 50:50.
Berita lengkapnya bisa dilihat di:
http://www.fiskal.depkeu.go.id/bapekki/klip/detailklip.asp?
klipID=N601436689

Mengenai Vatenfall, coba lihat dulu kutipan berikut:

"In the interest of protecting the climate, it is desirable that
politicians return to more realism. At the same time, energy
companies -- Vattenfall first and foremost -- have to commit
themselves to the greatest possible transparency and safety in order
to dispel doubts about the technology. Otherwise, incidents like
those in Krümmel and Brunsbüttel threaten to become a much bigger
problem -- for the cause of climate protection."
Berita lengkapnya bisa dilihat di:
http://www.spiegel.de/international/germany/0,1518,493551,00.html

REALITA bung, jangan terus menerus bertanya KAPAN? KAPAN KAWIN? Sudah
hapal kan jawabannya :)

Best Regards,
Rudyanto

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, "Djoko Mulyanto"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak, kalau mau mencapai ketahanan energi, kenapa harus ekspor gas
dan
> batubara? Jawaban Bapak kok masih nda masuk akal
>
> Setelah peristiwa Vatenfall, Jerman semakin yakin menutup PLTN
mereka

ENERGI.

Kirim email ke