From: rudyanto_nebeng <no_re...@yahoogroups.com>
To: Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com
Sent: Friday, September 4, 2009 23:37:42
Subject: [Forum-Pembaca-KOMPAS] Re: Teori konspirasi yang tidak pernah
dibuktikan

--- In Forum-Pembaca- kom...@yahoogrou ps.com, verdi adhanta <verdiadhanta@
...> wrote:

> Rekan-rekan FPK,
>
> Terus-terang saya GATEL juga melihat bagaimana orang memanfaatkan
> ketidak-tahuan dan delusi yang ada di kalangan orang awam untuk membuat
> sensasi. Jadi saya putuskan untuk buka saja link yang ada di post si Rudy.
> Ini untuk menjadi pelajaran kita juga, bagaimana orang-orang sering tertipu
> oleh pseudo-sains (seolah-olah sains, padahal tidak ada hubungannya sama
> sekali) dan juga segala urusan mitos, tahayul dan sebagainya.

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++
GATEL bisa dihilangkan dengan DIGARUK, kalau tetap GATEL jangan salahkan yang
MENGGARUK dong, memang saatnya mandi :)

Sekali lagi, nampaknya Pak Verdi menempuh jalan sesat dalam memahami sesuatu,
masih ingat kisah Romeo Juliet? :)
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++
> [...]
> punya waktu untuk mengurus hal macam begini, dan mungkin menganggap ini
> "nggak penting banget!". Tapi seperti yang sudah kita lihat, ternyata ADA
> orang yang masih tertipu dengan pseudo-sains. Sy harap juga, kalau ada yang
> bisa memanfaatkan, adalah ajakan supaya rekan-rekan bisa sedikit meluangkan
> waktu untuk membawa teman, anak, anak didik, dll, untuk keluar dari delusi
> dan kekonyolan dalam memahami dunia natural bekerja, sebagaimana mestinya,
> supaya bangsa kita dapat bersikap rasional dan berpikir dengan baik.

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++
Memang tidak perlu menggurui lah di sini, adu nalar saja lah, supaya bangsa
kita dapat belajar apa itu RASIONAL.
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++++
> [...]
> 3) Apakah Dinding terasa LEBIH DINGIN dari UDARA di RUANGAN?
>
> Observasi 2.
>
> 1) Panaskan sebuah oven bersuhu tinggi (100-500 derajat C)
> 2) Matikan dan segera buka pintu oven lalu segera masukan tangan pada RUANG
> oven ... tapi JANGAN SENTUH OBYEK PADAT di dalam oven, dan JANGAN TERLALU
> LAMA.
> 3) Bukankah tangan Anda baik-baik saja? Siapapun yang pernah membuat kue di
> oven akan mengetahui hal ini, selama tangan Anda tidak menyentuh obyek padat
> dan tidak terlalu lama, ia tak akan terbakar, hanya kepanasan saja.

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++++
Aha, ada embel-embelnya JANGAN TERLALU LAMA, itu kuncinya. Emulsi Film waktu di
bulan memangnya SEBENTAR atau LAMA?
Silakan coba pelajari dulu bagaimana kita memperlakukan EMULSI di link berikut:
http://www.allbusin ess.com/retail- trade/apparel- accessory- stores/4444379-
1.html
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++++

> [...]
> tinggi) = panas tinggi. Bila tangan Anda menyentuh sebuah obyek padat panas,
> maka energi kinetik dari gerakan molekul pada benda panas tersebut "menular"
> pada gerak molekul tangan Anda. Ini kemudian dikenal dengan heat-transfer.
> Bila tangan Anda tidak menyentuh benda padat, maka energi kinetik tersebut
> harus "merambat" melalui udara -- yang jumlah molekulnya (dalam hal ini,
> "media penularnya") lebih sedikit, sehingga hanya sedikit heat transfer yang
> terjadi. Dengan kata lain, Udara (gas) adalah konduktor panas yang lebih

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +
Obyek padat panas itu yang mana sih?
Wajan penggorengan?
Singkong rebus?
Jagung bakar?
Sumber panasnya itu apa???

Coba bandingkan dengan sinar Matahari.
Untung Bumi punya Atmosfer, jadi kita tidak secara langsung terpapar.
Saya lupa-lupa ingat nih, kira-kira di bulan itu ada atmosfer?
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +
> [...]
> panas.
>
> Lalu bagaimana di Bulan?
>
> Di Bulan hampir sama sekali TIDAK ADA UDARA, hanya sejumlah molekul yang
> amat-amat tipis, yang disebut sebagai "atmosfir" Bulan. Praktis "atmosfir"
> Bulan -- TIDAK MENGHANTAR PANAS -- sama sekali, karena TIDAK ADA MOLEKUL YANG
> CUKUP untuk media energi merambat.
>
> Lalu apa dong yang disebut "temperatur bulan"?
>
> Yang dimaksud dengan temperatur bulan adalah SUHU PERMUKAAN BULAN yang
> menyerap 90 persen dari maksimum 1300 watt per meter per segi energi cahaya
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++++
OK, artinya permukaan bulan bisa menyerap energi cahaya matahari? Kalau EMULSI
FILM kebal?
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ ++++
> [...]
> derajat C.
>
> Jadi apakah awak Apollo tidak kepanasan tertimpa sinar Matahari?
>
> Baju angkasa awak Apollo dilapisi oleh Alumunium -- Alumunium hanya menyerap
> 5% dari energi panas yang diterima permukaanya. Demikian pula peralatan
> eksperimen, kamera, dan Lunar Lander. Satu meter persegi Alumunium di Bulan
> hanya menyerap 65 watt energi Matahari. Panas yang tersisa melewati lapisan
> insulator dan diserap oleh aliran liquid-coolant dan dibuang melalui
> backpack. Ditambah lagi lapisan polikarbonat untuk menahan radiasi UV.

++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +
OK, berarti bisa menyerap energi, artinya suhunya benar fluktuatif. Kalau
EMULSI FILM rentan terhadap fluktuasi suhu, silakan diartikan sendiri...
Ini energi Matahari lho, bukan energi jagung bakar...
++++++++++++ +++++++++ +++++++++ +++++++++ +
> [...]
> If the film used during the Apollo missions had such qualities as to
> withstand such differences in temperature, why are Kodak not publicly selling
> them in today's market?
> ============ ========= ========= ========= ========= ========= =========
> ========= ========= ========= ========= ========= ========= ===
>
> Sistem pertahanan terhadap perubahan temperatur pada peralatan tersebut HANYA
> DAPAT BEKERJA PADA RUANG VAKUM, atas alasan yang sudah dijelaskan di atas.
>
> Demikian, semoga tak ada lagi yang tertipu pseudo-sains.

pseudo-sains?
Yang ada hanyalah SALAH MEMAHAMI (ilmu sesat?).

Best Regards,
rudyanto
GIANT LEAP? No, my friend, just a frog leap :)

      New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you&#39;ve always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!