Ada baiknya untuk mengenal teori hirarki kebutuhan dari Maslov. Teori ini
diajarkan di sekolah guru dan juga
di kursus2 dasar management :
http://pdftags.com/ptview?t=Teori+Maslow+-+WordPress.com&u=https%3A%2F%2Finoerofik.files.wordpress.com%2F2014%2F11%2Fteori-maslow.pdf
Kalau suatu keluarga benar2 luar biasa miskin sampai kelaparan, keluarga
itu akan berusaha dulu mengatasi
kelaparannya.
Waktu lulus SD, ada satu anak perempuan yang termasuk unggun di kelas,
tidak dapat meneruskan sekolah.
Harus bantu ibunya jualan es pasrah.
Waktu lulusan SMP, ada satu teman tidak melanjutkan sekolah, tetapi dia
sudah ambil Tata buku A. Berhenti
sekolah dan kerja.
Waktu lulusan SMA, ada dua teman berhenti studi, kwerja, karena keuangan
orang tua tidak mngijinkan.
Tetapi ada juga yang melihat kemungkinan studi lebih lanjut sambil kerja ,
seperti teman2 waktu di ITB :
Ada satu , satu jurusan, ternyata dia jadi guru di SMP sore hari.
Ada satu yang sejak SMA nya, kalau selesai belajar di SMA, pulang, pakai
celana panjang, ngajar di SMP.
Dia ngajarnya di sekolah Tionghoa, yang terkenal bayaran gurunya baik.
Waktu di ITB, dia ngajar di sekolah
Tsinghua, bisa ngongkosi uang in de kost. Dekat tahun terakhir, dia bisa
hidup lebih longgar, ambil beasiswa dari AURI.
Ada satu lagi yang beberapa jam mengajar di SMAK dekat ITB sendiri.
Mahasiswa arsitektur dapat mencukupi sebagian uang in de kostnya dari
pekerjaan menggambar.
Belakangan banyak mahasiswa di ITB ambil beasiswa Angkatan Udara dan
Angkatan Laut.

GELORA45@yahoogroups.com>:

> Kalau saja pendidikan itu berhasil atau tidak dilihat dari orang perorang,
> maka yang lebih menentukan dan utama adalah faktor intern orang tersebut,
> kemampuan menangkap apa yang diajarkan dan ketekunan belajar, ... Sedang
> pengaruh keluarga dan sekolah hanyalah faktor ekstern yang memberikan
> kemungkinan orang tsb. mengembangkan faktor kejeniusannya lebih baik saja..
>
> Jadi kenyataan ada saja anak-anak yg kurang mampu kecerdasannya, dia
> menjadi kewalahan bahkan merasa BERAT mengikuti pelajaran disekolah A,
> sebeliknya juga bisa ditemukan ada anak-anak yang justru selalu merasa
> [...]

Kirim email ke