Di beberapa kota seperti di Inggris dan kanada ada peraturan anak2 harus
disekolahkan
di sekolahan daerahnya.Satu orang sengaja pindah rumah, meskipun rumah
daerah itu
lebih mahal, agar anak2nya bisa masuk sekolah terbaik. Menurut dia, tidak
saja sekolah
itu terkenal, terbaik, tetapi anak2 di sana kebanyakan anak2nya pengusaha.
Jadi dia
sengaja masukkan anaknya di sana supaya waktu sekolah sudah punya netwerk
untuk
hari kemudian.Kok sekolah itu bisa jadi sekolah terbaik ? katanya karena
banyak dapat
sumbangan dari orang2 tua murid yang kaya2. Gurunya saja guru pilihan. Wah,
kalau
sudah begini, ya kekayaan orang tua dan motivasi belajar anak dua2nya ikut
menentukan.
Sekolah2 terkenal dengan asrama di Inggris, punya murid anak2 pejabat besar
berbagai
negeri, Afrika, Asia, Inggris. Ada yang sengaja sekolahkan anaknya di situ,
supaya sejak
muda sudah punya netwerk dengan calon2 orang penting dari berbagai negeri.
Kalau kita baca riwayatnya Robert Kuo, wah kebetulan dia teman satu sekolah
dengan
Mahathir. Bisa keluar masuk rumah Mahathir begitu saja. Mahathir kalau
perlu bantuan,
ya tinggal telpon dia saja. Padahal kalau Mahathir ke tempat temannya yang
lain, pengawalnya
masuk dulu dalam rumah, lihat keamanan. Bisa2 keluarga tuan rumah sedang
disandera ???
Kalau di Belanda mutu sekolah dan universitas hampir sama, tidak ada orang
tua sengaja
pindah rumah, pindah kota, sengaja supaya anaknya dapat sekolah/universitas
tertentu.
Jaman dulu, ada orang tua yang sekolahkan anaknya di Surabaya, dan punya
kartu penduduk
Surabaya, karena Universitas Airlangga mengutamakan lulusa2 SMA Jatim.
Sekarang ada kecendrungan sekolah2 di Jakarta, berebutan merayu murid2
sekolah yang
jadi juara2 di perlombaan matematika, kimia, robot, fifika, biologi sambil
pasang spanduk
besar kalau di sekolahnya banyak juara2nya. juara2 tidak usah bayar
sekolah, malah di luar
jam sekolah dapat pendidikan extra dari guru khusus, supaya tahun depannya
tetap juara lagi.
Ya, tapi sekolah2 terkenal ini, narik bayaran uang sekolahnya tinggi.
Ada juga anak2 orang kaya yang tidak bermotivasi untuk belajar, jadi foya2,
nak mobil lux dll.
Dulu di ITB bagian mesin, ada mahasiswa yang bisa cepat selesai karena
selalu dibantu
temannya yang pandai2. Orang2 suka tertawai dia, karena dia selalu dibantu
orang. Tetapi
akhirnya dia punya perusahaan besar, ngepalai banyak insinyur. Dia bilang
pada teman
saya, dulu kalian suka ngrasani saya, pelajaran sudah dikunyah orang lain
dulu, baru dimakan.
lihat, sampai sekarang saya kan orang yang bisa pakai orang, meskipun orang
bilang bukan
dari kepandaian sendiri. Ya, orangnya memang ramah, kalau ngomong agak
seenaknya, tetapi
suka bantu orang. Dia nawari tinggal di hotel gratis, karena dia punya
jatah kamar untuk
tamu2 perusahaannya.

<GELORA45@yahoogroups.com>:

> Publication dari APA.org yg dapat menerangkan lebih detail mengapa anak2
> mereka dari keluarga yg kaya/mampu lebih berprestasi dalam pendidikan
> dibandingkan yg kurang mampu:
> ---
> Education and Socioeconomic Status Factsheet
> <http://www.apa.org/pi/ses/resources/publications/education.aspx>
>
> Education and Socioeconomic Status Factsheet
>
> The impact of socioeconomic status on educational outcomes and reducing
> slow academic skills development, low li...
> <http://www.apa.org/pi/ses/resources/publications/education.aspx>

> [...]

Kirim email ke