Bung Ilyas,
Ya, waktu cruise sepanjang pantai New Zealand itu keadaan saya waktu itu
lumayan.
Sudah sembuh dari hernia punggung bawah L4-L5 dan juga dar kanal stenose.
Yang paling menggembirakan saya bisa janjian dan ketemu teman dekat.
Meskipun tidak
satu jurusan, dia dari Kimia murni, tetapi saya sering mampir ngobrol di
empa kost dia, dan
saya kenal semua eman2 seindekostnya. 2 tahun yang lalu, saya dapat e-mail
dari anaknya
kalau dia meninggal, pagi-pagi dari bangun tidur, presis di ambang pintu
kamar tidurnya.
Waktu terakhir ngobrol di New Zealand itu, saya baru tahu kalau dia 3 tahun
lebih tua dari saya.
Saya jadi heran, mengapa bisa begitu. Dia bilang, dulu di Garut sekolah
Tionghoa, sekolahnya dibakar
waktu Belanda mau masuk. Sampai 3 tahun, dilarang sekolah oleh kakeknya,
karena tidak aman.
Saya bilang, saya setahun tidak sekolah, sekolahannya dibakar habis, tetapi
untung saya di rumah
diajari paman saya. Masuk sekolah, boleh melompat dari klas 1 SD ke kelas 3..
Ada teman sekuliah juga 2-3 tahun umurnya lebih tua karena ada yang pindah
pindah sekolah, dari sekolah Tionghoa, ke sekolah Belanda, kemudian ke
sekolah Indonesia.
Ada juga satu teman, umur 16 tahun sudah masuk ITB, karena dia dari HBS.
Ujian
bahasa Indonesia untuk masuk ITB tidak lulus, tetapi ya ngerti, tidak ada
persoalan. Waku
lulus ITB, ITB nya lupa, tidak ada catatannya kalau dia masih harus ujian
bahasa Indonesia......
Teman se HBSnya, yang tidak seberani dia, masuk SMAK di Bandung dulu, ujian
SMA lulus,
baru masuk ITB.
Punya teman ex HBS itu enak, waktu harus baca literatuur dalam bahasa
jerman untuk praktikum.
Saya sedang baca, sambil buka kamus. Dia lihat, dia langsung terjemahkan.
Sampai sekarang
bahasanya masih bagus, berani terjemahkan artikel ke bahasa Perancis, dan
dimuat di Perancis.
Kalau menang, mungkin Jokowi berani ambil kembali tanah2 yang terlantar dan
menyetop pemberian
konsesi baru HGU dan Hak Tanam tanaman industri.Kalau masalah HAM, saya
kira tidak akan diusut
secara hukum. Yang kasih perintah kan sudah mati semua atau sudah sulit
dapatkan saksi2nya.
Saya kira paling-paling pemerintah mengaku berbuat salah, melakukan
tindakan berlebihan, lalu
menganjurkan semua supaya dengan ikhlas saling memaafkan dan menjaga tidak
terjadi lagi
pelanggaran.
Di Belanda dulu, dianggap satu petani perlu punya 16 ha tanah, baru bisa
hidup cukup. Tidak tahu
sekarang. Saya yang tahu, Kodam jatim punya tanah luas . Dulu bisa disewa.
Sekarang saya susah jalan. Rupanya kena artrose di pinggul dan lutut. 3
minggu lagi dokternya bau
balik dari vakantie, mau beri keterangan dari foto apa benar begitu.
Sementara saya dibehandel fysiotherapy, tiap minggu 2 behandeling ( 2 X
setengah jam) . Kalau bisa,
ya , supaya cepat sembuh. Dari assuransi saya dapatnya 27 kali dalam
setahun + 12 kali kalau ada
artrose. Jadi selebihnya mesti bayar sendiri.
Bagimana keshatan bung. Baik-baik saja ?
Salam,
KH

Pada tanggal Sen, 25 Feb 2019 pukul 18.14 Tom Iljas <iljas...@yahoo.se>