Ustadz Mansur yang terhormat...

Jawabannya liat langsung ke emailnya ya..
Titien FM

________________________________
From: Mansur Martam <[EMAIL PROTECTED]>
To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, November 11, 2008 4:07:25 PM
Subject: Re: [GM2020] William Wallace, Pahlawan??? + To Bu Titin

Ibu Titin yang saya Hormati.
Saya tau bahwa ibu adalah salah satu tenaga pendidik di salah satu universitas
pendidikan di tanah air. Yang kebetulan mendapatkan rezeki belajar di luar
negeri. Saya doakan, semoga ibu menjadi seorang pendidik yang baik dan menjadi
suri tauladan bagi dosen-dosen lainnya.
Selanjutnya, saya mau bertanya dua pertanyaan sederhana kepada ibu dosen.
Sekaligus satu sanggahan.
Pertanyaan:
1. Buka diskotik ibu bilang sah-sah saja. Sah-sah menurut apa yang ibu dosen
maksudkan?
Ustadz mansur yang terhormat..
Sah menurut apa?? mau nanya. apa ada undang-undang di Indo yang melarang
dibangunnya discotik? atau undang-undang yang melarang orang ke discotik??? I
dont think so..

2. Dilihat dari segi pendidikan, diskotik yang dibangun ditengah-tengah umat
Islam yang taat beragama dan punya budaya (Gorontalo Misalnya), apakah tidak
akan mempengaruhi moral, akhlak, dan adab orang-orang sekitaran? saya tidak
paham, apa yang ibu maksud dengan kalimat SELAMA TIDAK MENGGANGGU HAK ORANG
LAIN, MAKA TIDAK MENGAPA.

Mempengaruhi moral?? ahlak?? wah.. again  seperti yang saya bilang di email
sebelumnya.. Semua tergantung pribadi masing-masing.. Kayaknya ti ustadz Mansur
ini terlalu paranoid dengan kata discotic..club..dan kehidupan malam lainnya..
Si ustadz sudah membayangkan kalo orang yang ke discotik atau bar itu pasti
akan merusak akhlak.. Saya pribadi mau bilang.. Itu gak totally benar.. Ke
discotik gak harus mabuk kan? gak harus minum kan?  atau ngedrug?? weew...
cobalah ustadz..sekali2 ke tempat2 yang gitu..Untuk membuktikan kalo itu benar
apa tidak seperti yang ada di benaknya pak Ustadz... Saya pernah diajak teman
ke night club di  sini..Yang kata orang negara sekuler..saya rasa biasa aja
ko.. Saya bisa milih mau ngapain aja.. minum pun ada air putih or oranye
juice..asyik kan??  Again..kita dihadapkan pada pilihan.. semua tergantung
masing2 orangnya...Kalo teman saya bilang disini lah tempat kita menguji
iman..wakakakkkk...

1. Sanggahan: Seakan ibu dosen mengatakan bahwa semua urusan baik buruknya
seorang manusia ditentukan oleh pilihan hidupnya. Termasuk dalam hal ini, dia
mau memilih menjadi buruk dengan masuk ke diskotik. Pada akhirnya, dia sendiri
yang akan mempertanggungjawab kan keburukan dan dosanya dihadapan Tuhan. Saya
dalam point ini sangat setuju. Namun pendapat itu tidak mutlak dan berhenti
disitu saja. Sebab yang ibu dosen maksudkan hanya menyangkut HAK-HAK TUHAN.
Hak-hak Tuhan pada umumnya bersifat memaafkan dan mengampuni, jika saja
melanggar hak Tuhan dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Disisi lain, masih ada
juga HAK-HAK MANUSIA yang juga harus dilindungi dan dihargai. Hak-hak ini
bersifat merelakan jika saja ada hak sesama yang dilanggar. Artinya, jika tidak
direlakan, maka berarti sipelaku akan berhadapan dengan sesamanya. Contoh hak
manusia adalah mendapatkan lingkungan yang bebas polusi maksiat dalam
lingkungan yang islami sangat dituntut oleh Islam.
 Saya pikir, hanya orang munafik saja yang suka merelakan lingkungan orang
baik-baik terkotori oleh diskotik, misalnya.

Wah.. Munafik????  again..pak ustadz terlalu paranoid dengan kata
discotikk...Makanya saya bilang tadi ustadz.. masing2 orang punya hak.. kalo
ustadz mau menuntut seperti itu.. apa kita harus nyalahin orang2 yang pengen ke
night club or what ever the name??

JADI PENASARA MO PANGGE PA TE USTADZ DI DISCOTIK EEYYY... AND WANNa SEE WHATS
GONNA HAPPEN...

Salam.
Mantan Mahasisiwa Jurusan Bahasa Inggris IKIP/UNG 2002