assalamu alaikum,
terimah kasih , atas perhatian kalian semua....
apakah yang kalian lakukan sudah baik, tapi jangan lupa ada norma 2 yang
berlaku di masarakat ada hukum hukum yang tidak tertulis yang selalu menjadi
acuan tersendiri buat masarakat itu ,hukum dan aturan yang kalian buat hanya
berlaku buat panitia buat pemprov karena pertimbangan yang terletak pada
kalian2 yang mempunyai pendidikan tinggi yang telah memiliki pandangan yang
sudah berubah dari akar rumputnya,ini terbukti banyak suara 2 yang sumbang,
termaksud bpk toti,dan kita tidak usah mengumpulkan suara miring tersebut untuk
membuktikan apa yang terjadi di masarakat,
seperti penghargaan budaya, orang seperti risno ahaya sudah terexpose sampai ke
ke stasiun sctv media 2 masa dan hampir memenuhi semua ruang berita di mana2
dengan prestasinya dan kemiskinannya yang ngamen dr pasar ke pasar dan tidak
usah berkelit seperti orang yang tau seluk beluk pantun yang original apa bukan
anda harus lihat proses dan apa yang melekat dari dalam dirinya karawang pun
bukan karya original iko mantali , ada apa dengan segala perilaku pejabat
pemerintah dan panitia seperti kalian semua,kenapa kalian tidak membenahi ini
dulu masalah ini yang membuat muka kita termaksud saya malu di hadapan masarkat
lain ,baru membuat anugraha buat budaya yang teresrah apa yg kalian mau,jangan
seperti fadel mau mengadopsi anak palestina padalahal rakyatnya sendiri
menderita gizi buruk,anugrah itu bukan untuk gaga gagahan sok memperhatikan
budaya seni dan memberi penghargaan segala, anugrah itu sebaikya di berikan
untuk memperbaiki apresiasi masyarakat
 terhadap budayanya budaya gtlo,anugrah itu harus di berikan untuk memperbaiki
taraf hidup orang yang telah mengabdikan hidupnya untuk konssitensi dalam
pelestarian bukan karena denagn alasan karya tidak original menjadi alasan
mendasar mengilangkan pengabdian orang tersebut.
kalo mau jujur saya sangat2 kecewa dengan cara pemrov atau seperti bung arter
dalam memberikan perhatian pelestaian budaya,banyak sekali budaya2 kita di
rombak di jungkir balikan dengan alasan kreasi dan modernisasi di poles
sedemikian rupa hingga ruh dan auranya hilang terbawa keangkuhan perubahan2
yang menggusur nilai2 luhur budaya asli yang penuh makna arti yang sakral yang
telah berlaku dan lestari secara turun temurun, orang tua kita mungkin sangat
kecewa melihat apa yang telah di lakukan generasi sekarang, anda liat tari
elengge di mana originalnya bila anda mengatakan dan mengungkit masalah
orginalnya , awal dan akhirannya saja itu tarian elengge di tengah tengahnya
habis habis di perkaos seenaknya, sedih hati saya inikah menyaksikannya
pertnyaannya inikan budaya kita? apa yang akan kita wariskan ke anak cucu kita?
dan herannya dengar dapat penghargaan?.
pemberontakan atas nilai2 kemapanan terhadap masarakat gorontalo mulai
berjalan,begitu banyak oranisasi yang muncul akibat ketidak puasan organisasi
induknya dalam memutuskan setiap kebijakan, dalam perbincangan saya selalu
mendengarkan bahwa kelompok2 gtlo masih banyak terkotak dalam kelompok2 itu
saja dengan stasus yang mementingkan birokrasi keluarga teman dan kekuasaan dan
money, sehingga apa yang berlaku dalam setiap hal adalah apa yang menjadi
keinginan mereka bukan masarkat, jadi kita jangan berharap banyak terhadap apa2
terjadi dengan perilaku elitis kaum inteleltual gorontalo.opini yang terbentuk
sesuai dengan apa yang mereka inginkan, sudah banyak korban yang berjatuhan.
seorang teman saya pulang ke gtlo dengan membawa semua keluarganya dan menjual
semua apa miliknya dengan satu harapan ada penhidupan yang baik di gtlo seperti
kemajuan2 yang di pertontonkan di stasiun2 televisi dan pak fadel selaku
lokomotifnya selalu manjadi stasiun setiap pembangunan, tapi apa yang
terjadi,??? dari jual ikan jadi kuli bagn jadi tk jahit kenek mobil dan bawa
bentor semua di jalani tapi sia2, akhirnya di pulang lagi ke tempat asalnya
bekerja dan mulai lagi semua dr awal dan sukurlah sekarang di bekerja sebagai
kepala gudang sesuai keahlinnya dulu.
itulah opini opini yang di poles dengan segala kebohongan dengan lebih kepada
kepentingan pribadi dan kelompok untuk meraih kursi2 empuk dan dana dana segar
di pemerintahan.hingga menipu warga gtlo yang ada di luar untuk pulang.

sudah jo ah
so kepanjangan..toh kalian pasti anggap kalianlah yang paling benar...jadi
percuma