________________________________
From: Yolanda Octavia <yolandaocta...@ymail.com>
To: yayujahjaari...@yahoo.co.id
Cc: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Sent: Wed, May 19, 2010 4:42:11 PM
Subject: Bls: [GM2020] Apa pendapat ibu ttg pernikahan beda Agama ?.

Surah al maidah ayat 5 Versi Yolanda Octavia :

tapi dalam Surat Al-Maidah ayat 5, dijelaskan bahwa laki-kali boleh menikahi
wanita dari golongan lain (yahudi) dgn asumsi karena laki2 memiliki power untuk
menarik si wanita menjadi muslim, dan tidak berlaku sebaliknya.

Versi Ibnu Katsir :

Firman Allah Ta'ala, "dan dihalalkan bagimu wanita-wanita yang menjaga
kehormatannya dari kalangan wanita mukmin", yakni dihalalkan bagimu me-nikahi
wanita-wanita merdeka dan yang menjaga kehormatannya dari kalangan
wanita yang beriman. Penuturan penggalan ini merupakan loncatan atas ayat
sesudahnya yang berbunyi, "dan wanita-wanita yang menjaga kehormatannya dari
kalangan orang-orang yang telah diberi kitab sebelum kamu", yakni wanita-wanita
yang menjaga diri dan kesuciannya dari perbuatan zina, sebagaimana Allah
berfirman, "Wanita-wanita yang bukan pelacur da"n bukan yang menjadi gundik."
Dahulu, orang-orang tidak mau kawin dengan wanita-wanita Ahli Kitab setelah
diturunkan ayat yang terdapat dalam surat al-Baqarah yang ber¬bunyi, "Dan
janganlah kamu mengawini wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman", hingga
diturunkan ayat, "dan wanita-wanita yang menjaga kehormat¬annya dari kalangan
orang-orang yang telah diberi kitab sebelum kamu". Kemu-dian mereka menjadikan
ayat ini sebagai pentakhshis terhadap surat d-Baqarah, "dan janganlah kamu
menikahi wanita-wanita musyrik...." Firman Allah Ta'ala, "Jika kamu memberi
mereka maharnya." Yakni, karena mereka
 memelihara diri dari perbuatan zina dan menjaga kehormatannya maka berikanlah
kepada mereka maharnya dengan sukarela. Firman Allah Ta'ala, "Dan dengan maksud
menjaga kehormatan, bukan pezina, dan menjadikannya gundik-gundik"
Iqbal : Hati2 dalam menafsirkan ayat bu.. Jangan menggunakan ayat2 alquran
untuk kepentingan tertentu apalagi sampai dipelintir maknanya..
Yolanda:
pada prinsipnya, menikah adalah keputusan sakral pada kondisi berbeda atau
se-iman, asalkan keduanya melakukan komitmen itu dengan sungguh2 dan saling
menghargai keyakinan masing2.

Iqbal : Pernikahan adalah ajaran agama, jadi aturan agamalah yang harus
diterapkan, negara hanya memfasilitasi bahwa aturan ini bisa dilaksanakan
dengan benar..

tq