Agreed. Masalahnya juga Bung Dodi, nantinya setelah berjuang
keras mendirikan perusahaan nasional yang well
            established (kinerja bagus), krn dapat menyerap lapangan
kerja dan mendevelop karyawan nasionalnya jadi hi-performance,
            ujung-ujungnya Company itu juga akan masuk bursa saham
(IPO?) demi sejuta alasan; pengembangan usaha, kekurangan
            modal, pasar bebas/AFTA, go internasional, dll., dan
ujungnya pula masuklah investor asing dgn membeli mayoritas saham
            (Privatisasi, seperti yang disukai pembesar2 kita skrg ini).
So, jadilah hak suara Company dikendalikan mereka, majikan2
            nasionalnya jadi berkurang kewenangannya (turun pangkat jadi
kuli), dan ujungnya demi alasan efisiensi, karyawan bawahan
            dituntut macem2 standarisasi perusahaan, ujungnya terjadilah
"Pemutusan Kerja baik2" (baca PHK). So, 40 juta pengangguran
            nambah lagi deh......(so, katanya juga sih rata2 di
Indonesia, 1 orang yg bekerja normal menghidupi 16 orang anggota
keluarganya???)
            By experience juga, ujung-ujungnya setelah PHK karyawan
nasional tadi, muncullah karyawan2 impor dari overseas
            sebagai gantinya, dgn skill yg "so-so" saja yang mgkn tdk
lbh baik dari national employee yg tadi di PHK, tapi dengan
            keistimewaan benefit dan fasilitas company yg wuuahhh
dibanding kuli-2 nasional.
        Ujung-ujungnya, sebenarnya siapa sih yang salah??apakah
sebenarnya kita juga memberi peluang utk selalu jadi "bawahan", terutama
            jadi kulinya bangsa lain??

            Salam buat temen2 di Balikpapan.
            ~Anto~