Aku rasa masalah besarnya jumlah minyak yg ada di Cepu  ini bisa
menjadi potential question buat tim IAGI ke DPR utk ber-RDP-ria,
seperti yg sudah dituliskan milist ini beberapa waktu lalu.

Memang susah-susah gampang memberitahukan atau membicarakan ke awam
tentang cadangan (reserves) dengan resoursces (sumber daya). Saya rasa
BP Migas memiliki scheme (kategori) utk ini. Mana yg disebut
Recoverable reserves, potential reserve, juga speculative resource.
Setiap perusahaan memiliki skemanya sendiri-sendiri, demikian juga
lembaga yg memberikan sertifikasi seperti D & M, dll. SPE-pun juga
memiliki standardisasi resources-reserves ini.

Istilah resources dan reserves ini yg perlu diberitahukan dahulu.
Susahnya keduanya sering diartikan dalam bahasa indonesia sebagai
"cadangan", ini yg merancukan. Dan payahnya sering diapakai untuk
tujuan "politis".

Aku ras perlu untuk diberikan "pelajaran" buat para ekonom dalam
"membaca" tulisan explorationist.

RDP
"si RDP yg ga bisa ikutan ke DPR utk RDP :p)"