Pak Dwi,

Gas H2S di wilayah ini rutin terjumpai di batugamping, itu pernah ada di
wilayah PetroChina, Pertamina, maupun Exxon-Mobil. Di sekitar Banjar
Panji, gas H2S muncul juga secara fluktuatif, bisa juga tak muncul sama
sekali. Orang-orang meyakini itu gas H2S dari Kujung I (Prupuh) yang
memang jadi target utama sumur ini. Prupuh lebih tua dari Tuban
limestone di Mudi/Sukowati.

Katakanlah gas H2S itu dari batugamping yang ditembus di TD Banjar Panji
yang menimbulkan loss. Orang2 mengatakan Kujung di Banjar Panji telah
tertembus, memang jauh drop dibandingkan yang diprediksikan. Tetapi,
data fosil yang di semburan lumpur menunjukkan semuanya umur Pliosen.
Lalu, mengacu ke sumur sebelahnya (Porong-1), karbonat di TD sumur itu
bukanlah Kujung I/Prupuh, tapi lebih muda (umur absolutnya sudah diukur
dengan isotop strontium 16 Ma - late early Miocene) - ekivalen dengan
Tuban carbonate di Sukowati/Mudi.

Gamping di Banjar Panji berdasarkan seismik stratigrafi lintasan seismik
Banjar-Panji dan Porong, memang sedikit lebih tua, tetapi tak akan setua
Kujung I/Prupuh, tetapi tetap akan berkisar di 16-17 Ma. Kujung I harus
lebih tua dari 20 Ma.

Maka betul pak Dwi, gamping di TD banjar Panji itu yang mungkin menjadi
asal H2S adalah ekivalen Tuban/Rancak, dan bukan Kujung I/Prupuh.

Sebelum menyerah, teman2 drilling ingin berusaha dulu mematikan semburan
lumpur ini, walaupun memang kelihatannya buang2 waktu, tenaga, pikiran,
dan dana. Tak bisa melakukan usaha mematikan semburan lumpur ini kalau
mengacu ke kejadian blow out biasa.

Seorang teman anggota tim peneliti semburan lumpur ini kemarin malah
menginfokan berita yang lebih buruk : terdapat 22 titik semburan baru
(kecil) dan terdapat penurunan 1.2 cm per hari di wilayah ini (!). Benar
atau tidak berita ini, harus dicek lagi.

Salam,
awang