Kalo yang shooting di sebelah kiri (pada hari I), yang orangnya masih muda,
setahu saya dia adalah mahasiswa Perancis yang lagi belajar di Fak.
Geografi  UGM, namanya Cedryc mas. Memang dia sangat tertarik dengan kasus
semburan LUSI, beberapa waktu dia sudah pernah penelitian di sana, bahkan
pernah putar-putar dengan profesornya yang dari Perancis pakai heli yang
didampingi Mr. Amin Widodo ITS. Gak tahu lagi kalo ada yang lain yang juga
men-shoot presentasi dengan video cameranya. Waktu itu dia sempat mengeluh,
karena materi paparan antara satu pembicara dengan yang lain kok banyak yang
sama. Dia mengatakan, mestinya kalo suatu materi sudah disampaikan oleh
seseorang, yang berikutnya harusnya berbicara masalah yang lain. Tapi waktu
itu saya jawab, mereka memang sudah mempersiapkan materi seperti itu, jadi
kalo disuruh berbicara masalah yang berbeda, tentu mereka tidak siap. Kalo
tidak ingin ada tumpang-tindih materi antar pembicara, mestinya panitia yang
harus menyeleksi sebelumnya.

Yang saya salut, dia juga cukup tertarik dengan masalah dampak sosial LUSI.
Dia bilang, ingin membuat poster, brosur, dsb, untuk men-sosialisasikan
masalah LUSI dan kemungkinan dampak-dampaknya kepada masayarakat sekitar
sumur Banjar Panji-1.  Bagaimana dengan kita........?

Suwun.