Setuju dengan yang dituliskan Abah, dan tunggu sajalah bagaimana Sang
Bumi Pertiwi (Gaia) akan membalas dendam (kepada manusia).

James Lovelock, pada usianya yang ke-86, masih produktif dengan
menuliskan buku seri Gaia-nya yang kelima : The Revenge of Gaia (Penguin
Books, 2006). Selama 25 tahun lebih, Lovelock konsisten dengan hipotesis
(sekarang sudah jadi teori) bahwa Bumi adalah ibarat makhluk hidup, maka
disebutnya ia adalah Mother Earth atau Gaia (dewi Bumi) atau Bumi Ibu
Pertiwi.

Tahun 1979 bukunya terbit untuk pertama kalinya : "Gaia - a New Look at
Life on Earth" (Oxford Univ. 1979), lalu "The Ages of Gaia" (Norton,
1988), lalu "The Practical Science of Planetary Medicine" (Gaia Books,
1991), lalu "Homage to Gaia" (Oxford Univ, 2000), dan "The Revenge of
Gaia" (Oxford Univ, 2006). Buku pertamanya telah diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia dengan judul "Bumi yang Hidup" (Yayasan Obor Indonesia,
1988). Empat lainnya saya gak yakin sudah diterjemahkan. Saya punya tiga
bukunya. Bukunya "The Ages of Gaia" sangat sarat geologi sejarah, asyik
mengikutinya.

Kalau rekan2 mengikuti pandangan2 Lovelock sejak dari awal hipotesis
Gaia sampai jadi teorinya, maka akan kelihatan perkembangan pemikiran
pembela lingkungan ini. Saat-saat awal, Lovelock berkata bahwa Bumi bisa
menyembuhkan dirinya sendiri dengan semua organ (tanah, lautan,
atmosfer) yang dimilikinya. Tetapi di bukunya yang terakhir ditulisnya
bahwa Bumi pun bisa mengaduh sakit, bisa ngambek, bisa demam, meriang,
dan akhirnya bisa membalas dendam kepada yang menyakitinya.

Mother Earth sekarang telah tua, 4.65 milyar tahun, ia tak sekuat
seperti dua milyar tahun yang lalu. Ia sedang berjuang agar dirinya
tetap cukup dingin sehingga berbagai bentuk kehidupan yang bergantung
kepadanya tetap bisa nyaman. Dia harus mengelola sedemikian rupa panas
Matahari yang makin meningkat. Tetapi, kesulitannya bertambah karena ada
satu bentuk kehidupan yang bergantung kepadanya, yaitu manusia, telah
berbuat sedemikian rupa hanya untuk kepentingan dirinya sendiri.

Gaia sedang berubah dan mungkin ia tak sekokoh dulu. Ciri global
ecosystem sekarang adalah : populasi manusia meningkat, penurunan
kualitas tanah, penumpukan sampah, semua jenis pencemaran, perubahan
iklim, penyalahgunaan teknologi, punahnya biodiversitas. Dan ini adalah
problem global sebab dunia yang sekarang adalah dunia yang terlipat -
problem di satu tempat akan segera dirasakan di tempat lain.

Mars dan Venus adalah "dead sibling" - sauadara-saudara Gaia yang telah
lebih dulu mati.. Bumi adalah seperti makhluk hidup yang bisa mati.
Kalau ia terlalu dipanasi dan diracuni, ia pun bisa sakit. Waktu masih
muda, Bumi bisa menyembuhkan dirinya sendiri, sekarang ? Less resilient
!

Deklarasi Amsterdam 2001 memandang serius teori Gaia James Lovelock.
Marilah di Hari Bumi ini kita sejenak memikirkan Bumi tempat kita
tinggal. Kenali dengan baik dan sayangi dengan sungguh-sungguh.

"Hanya Satu Bumi" (Barbara Ward, 1975), tak ada yang lain,  marilah kita
sayangi...dengan apa yang mampu kita lakukan.

Salam,
awang