ini saya kutip dari buku 25tahun pertamina

Eksplorasi migas Indonesia pertama kali dilakukan oleh
Reering pada tahun 1871 (hanya 12 tahun setelah
pemboran minyak pertama dunia dilakukan di Titusville,
Pennsylvania oleh Kolonel Drake) dengan melakukan
pemboran empat buah sumur di daerah Cibodas, di lereng
Gunung Ciremai (Jawa Barat). Ia menggunakan menara
pemboran model Pennsylvania yang digerakan oleh lembu,
sayangnya empat buah sumur tersebut tidak menghasilkan
minyak yang komersial sekalipun disekitar daerah
tersebut banyak ditemukan rembesan minyak di
permukaan.

Penemuan minyak komersial pertama kali ditemukan dari
pemboran sumur Telaga Tunggal pada tanggal 15 Juni
1885 oleh Aeilko Jana Zijlker yang membor disekitar
rembesan minyak bumi di Telaga Tiga, Langkat, Sumatra
Utara. Keberhasilan tersebut telah mengakibatkan
banyaknya kegiatan eksplorasi minyak bumi di indonesia
yang dititik beratkan pada pencarian di daerah onshore
(daratan). Barulah pada tahun 1961/1962 pencairan
minyak bumi di offshore (lepas pantai) dimulai yang
dilakukan oleh Permina dan Refican di lepas pantai
Sumatra Utara sebanyak 7 sumur. Sementara produksi
minyak pertama dari Indonesia dimulai pada tahun 1888
dari lapangan minyak Telaga Said di Sumatra Utara,
kemudian pada tahun 1890 di lapangan Kruka, Jawa
Timur, tahun 1897 dari lapangan Sanga-sanga,
Kalimantan timur dan di Sumatra Selatan. Sejak saat
itu total produksi hingga tahun 2006 lebih dari 22
Miliar  Barrel Oil.

Pengelolaan migas di wilayah indonesia selalu
didasarkan kepada undang-undang, pada masa penjajahan
Belada usaha pencarian dan pengelolaan sumber daya
migas didasarkan pada undang-undang pertambangan
(Mijnwet) tahun 1899. Undang-undang ini mengatur bahwa
usaha kegiatan pencarian migas dapat diberikan keada
suatu perusahaan dengan dasar sistem konsesi yang
berlaku selama 75 tahun dengan cara setiap acre
dipungut bayaran ditambah dengan 1% pungutan lainnya
dari nilai setiap minyak yang dihasilkan. Perusahaan
yang melakuka usaha bidang migas adalah Royal Dutch
Company. Tahun 1904 Belanda melakukan peniadaaan
pemberian konsesi baru kepada perusahaan dengan maksud
untuk mencegah masuknya perusahaan asing ke Indonesia
namun kebijakan tersebut mendapat aksi dan kecaman
terutama dari Amerika Serikat sehingga pada tahun 1918
pemberian konsesi baru kembali diberikan dengan
berdasarkan kepada sistem kontrak 5-A yang antara lain
menyatakan bahwa belanda mengambil cukai 4% dari harga
minyak yang dikapalkan dan 20% pajak umum terhadap
corporate profit. Konsesi-konsesi yang diberikan
belanda antara lain Royal Dutch/ Shell (hampir seluruh
blok menarik di miliki oleh perusahaan ini), NIAM
(Shell dengan pemerintah hindia belanda) dari Juli
1921 s/d 31 Desemebr 1960 di blok Jambi, NKPM
(standard oil of New Jersey dengan pemerintah hindia
belanda) yang memiliki konsesi area yang kecil-kecil
di Sumatra. Standar Oil of New Jersey di blok madura
dan jawa pada Juni 1925 s/d 17 Juli 1928, perusahaan
ini kemudian berubah menjadi SVPM kemudian menjadi
Stanvac, dan sekarang menjadi Mobil Oil. Perusahaan
berikutnya yang masuk adalah Gulf Oil pada tahun 1928
mengambil konseisi di daerah Sumatra Utara, NPPM
(standard oil of california dengan pemerintah hindia
belanda) mendapat konsesi di blok rokan sejak juni
1936. NPPM ini kemudian berubah menjadi Caltex. NNGPM
(Shell, stanvac dan far investment company) kemudian
masuk di Irian Jaya dengan operatornya adalah Shell.

Pada masa perang kemerdekaan usaha hulu migas praktis
tersendat-sendat, tidak ada konsesi baru yang
ditawarkan, namun dikarenakan perusahaan asing keluar
dari indonesia karena situasi keamanan yang buruk,
maka beberapa pejuang kemerdekaan dari bidang migas
mendirikan beberapa perusahaan minyak nasional seperti
PERMIRI di Palembang, PTMN di Jawa, kemudian PTMRI di
sumatra utara dan jawa, PTEMSU dan PT. PERMINA.

UU usaha hulu migas Indonesia yang pertama kali adalah
UU No. 44 tahun 1960 mengenai migas yang merubah
status hukum perusahaan-perusahaan asing di Indonesia
dan mengubah sistem konsesi dan menempatkan perusahaan
asing hanya menjadi kontraktor. Proses pembuatan
undang-undang tersbeut telah dimulai sejak Moh. Hasan
membuat Mosi kepada pemerintah NKRI pada 2 Agustus
1951. Pada tahun 1958 setelah konferensi meja bundar
maka saham-saham pemerintah belanda beralih menjadi
saham pemerintah indonesia yang diwakili oleh PT.
PERMINDO pada tahun 1958 yang kemudian berubah menjadi
PN PERTAMIN pada tahun 1961.

UU No. 44 tahun 1960 baru dapat direalisasikan
sepenuhnya berdasarkan perjanjian Tokyo antara Shell,
Stanvac dan Caltex dengan pemerintah NKRI pada tahun
1963 dan dijadikan sebagai perjanjian Kontrak Karya.
Perjanjian tersebut kemudian diundangkan pada 28
November 1963. Berdasarkan kontrak karya tersebut maka
Shell mendapat dua daerah yaitu di sumatra selatan dan
di kalimantan, Caltex mendapat daerah di sebelah timur
dan barat lapangan duri dan stanvac mendapat daerah
disekitar lapangan lirik, sumatra tengah. Berdasarkan
perjanjian tersebut pula pemerintah indonesia cq
Pertamin membeli seluruh fasilitas kilang dan
pemasaran milik Shell seharga US$ 110 juta pada 31
desember 1965 dengan pembayaran selama 5 tahun. Selain
itu pada 20 Agustus 1968, Pertamin dan Permina
digabung menjadi PN Pertamina.  Kurang dari 3 tahun
setelah perjanjian kontrak karya, pemerintah mengusung
format baru yaitu sistem kontrak bagi hasil dengan
perjanjian pertama kali adalah denagn IIAPCO pada 16
agustus 1966 di lepas pantai barat laut Jawa. Sistem
PSC ini kemudian berubah di tahun 1976, 1988. Pada
tahun 2001 diberlakukan UU Migas yang mengalihkan
tugas Pertamina dalam mengelola blok eksplorasi kepada
BPMIGAS, sehingga Sejak tahun 2001 hingga sekarang
kontrak bagi hasil ditandatangani oleh BPMIGAS Namun
proses penawaran blok sampai dengan pemilihan pemenang
dilakukan oleh Ditjen Migas. Selain itu juga
dikenalkan sistem lainya yaitu TAC, JOA, JOB, LOAN,
dan EOR.

best regards
ujay
--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

>     Yang Anda
> maksud "sekarah eksplorasi " itu apa ?
>     Apakah dimulai egiatan "cari minyak" ?
>
>     Kalau itu sudah dimulai thn 1885 di Nangroe
> Aceh oleh Belanda (cikal bakal
>     Shell).
>
>     Tapi kalau ekplorasi secara terencana ,mungkin
> mesti
> buka buku dulu ya .
>     Yang jelas , yang mulai kutak
> katik cari minyak awalnya bukan Belanad yang
> geologist,
>
>     Seperti Zylker (1830-1890)  adalah seorang CEO
> di perusahaan tembakau di -daerah sekitar Telaga
> [...]
=== message truncated ===

Shape Yahoo! in your own image.  Join our Network Research Panel today!
http://surveylink.yahoo.com/gmrs/yahoo_panel_invite.asp?a=7