Pak Awang,
Ulasan yang menarik sekali.
saya mau tanya mengenai lengseran nya ...
pertama,  apakah mekanisme gliding tektonik(lengseran) ini selalu memerlukan
plastic zone dimana sediment-blocknya akan bergeser? jadi perlu shale/salt yang
plastics dan mungkin juga perlu ketebalan tertentu?

pertanyaan kedua,
 di daerah extension, sering sekali terjadi rifting, lalu terendapkan synrift
sediment, lalu post rift.   seandainya post-rift sedimentnya ada plastics
sediment misalnya shale atau salt,  dan extension force terus berjalan,
tersedia accomodation space yang bukan diisi dengan longsoran tetapi dengan
lengseran (yang bisa besar sekali dimensinya). kemudian bisa saja terjadi
toe-trust structure pada sediment diatas shale atau saltnya.  nah pertanyaan
saya adalah bagaimana membedakan fenomena ini dengan gliding tectonic yang
hanya disebabkan oleh gravity seperti yang Pak Awang deskripsikan.  yang paling
penting adalah apakah perlu membedakannya dilihat dari mata eksplorasi migas?

Pertanyaan ketiga mengenai longsoran setelah toe-thrust terjadi.  apakah
mungkin kualitas reservoir dari sand lebih baik setelah sand itu tersebut di
rework  dan menjadi endapan turbidit?  dan apakah mungkin ada beberapa aliran
turbidite di satu toe-thrust block?  jadi tidak tergantung dengan sungai yang
ada di onshorenya.

terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

salam,
frank