Maaf sekedar uneg-uneg saja..

Saya berpikir, apakah mungkin masalah LUSI yang sudah lewat 3tahun..masih
bisa diulas kembali oleh kepengurusan IAGI yang sekarang (di bawah pimpinan
Pak Lambok). Apa memang setuju bahwa itu adalah akibat Gempa?

Pemikiran ini dipicu karena tadi habis melihat tayangan khusus MetroTV
tentang LUSI, dan kasus tsb memang sudah di SP3-kan. Kesimpulan dari DPR pun
adalah Lusi disebabkan oleh Bencana Alam. Jika saja Lusi dikaji ulang, apa
memang benar itu karena Gempa? Setau saya banyak ahli geologi juga yang
tidak sepakat (termasuk saya), bahwa Lusi karena bencana alam. Dan juga main
opinion dari kubu orang2 drilling, memang Lusi bukan karena bencana alam.

Jika saja ada kajian baru, dan ada Pres Release dari IAGI sekarang, dan
ulasan tersebut berbeda dari bencana alam, maka setidaknya ada pandangan
baru bagi masyarakat awam tentang apa yang sebenarnya terjadi. Masalah nanti
follow up pemerintah atau penggantian dlsb, itu bukan lagi berhubungan
dengan nurani geologist. Yang paling penting hanya mengatakan apa yang
sebenarnya terjadi, dan bagaimana pemikiran kebanyakan ahli geologi di
Indonesia ini. Perkara benar/salah kan memang hanya Tuhan yang tahu. Media
yang paling efektif sekarang adalah televisi. Jika saja pendapat baru
tersebut (tidak karena Gempa) dapat di tayangkan di MetroTV, TVone, ANTV,
RCTI, SCTV, TransTV, dll..pasti akan dapat membuka mata masyarakat Indonesia
dan wawasan mereka tentang pro dan kontra seputar pemicu kejadian Lusi.

Apakah bukan tindakan mulia jika mendidik masyarakat dan memberi tahu apa
yang menurut kita benar? Semoga topik Lusi ini tidak membuat bosan rekan2
iaginet.

Salam,
Natan

Kirim email ke