kalau dari cutting, bentuk irreguler dari grain sdh seharusnya dicurigai di
banding grain sandstone, belum lagi assosiasinya dengan calcite yg sering
sebagai wheathered basement ataupun pengisian calcite di lavanya. Warna
quartz grain dari bt.beku volcanic lebih fresh dari grain sandstone sedimen,
kehadiran accesories minor mineral lainnya seharusnya lebih membuat yakin
sdh masuk di volcanic.
Di petronas ethiopia hal ini saya jumpai di kedalaman 1000m shalower dari
pronogsis well, membuat geophicisistnya kalang kabut dan tak percaya. Karena
ada camera digital dan hasil kiriman dari picturenya membuat mereka
yakin untuk stop drilling. Bayangkan 1000m shallower.
Hal yg sama di India, ketika hand over ditafsirkan sbg limestone..sementara
kedalaman sudah 6000m  dan memang ditargetkan masuk 40m ke basement,
drilling pakai LWD dengan density toolnya    22m off bit..kehadiran mineral
lainnya di cutting seharusnya menguatkan identifikasi batuan tak cukup harus
mengandalkan LWD (kan off bit), kita yakinkan ini sdh masuk ke wheatered
basement, di dukung GR/density data yg sdh keluar akhirnya pas 40m stop
drilling.
Hal lain Diekplorasi well yg membuat masalah adalah pemakaian OBM atau
polymer  dengan mud chemical (solvent/lubricant) yg menimbulkan effect
flouresence..pernah menggantikan seorang wsg yg oil shownya ada disemua
cutting , baik clay maupun sandstone..terpaksa kerjaan hari pertama
mengganti semua mudlog.