  From: abacht...@cbn.net.id
  To: iagi-net@iagi.or.id
  Sent: Friday, May 27, 2011 5:53 AM
  Subject: Re: [iagi-net-l] Andang Protes

  Saya menuliskannya sebagai catatan (note) di facebook saya SEMINGGU yg lalu,
bukan tiba2 kemarin. Mungkin untuk menjadikannya berita wartawan lebih cocoknya
memuatnya pas kemarin pelaksanaan acara.

  Note fb itu saya tulis setelah saya komunikasikan concern ke panitianya ttg
TIDAK ADANYA PEMBICARA DR PERISET PERGURUAN TINGGI INDONESIA dan dominannya
periset asing (10 orang) dlm info undangan ke saya maupun dlm website Humanitus
sampai 2 hari yg lalu. Waktu itu di website masih dipampangkan foto 2 pembicara
dr Indonesia yaitu Awang BPMigas dan Sawolo EMP (Lapindo).

  Alhamdulillah, rupanya panitia sadar akan pincangnya acara tsb (a-nasionalis
dan berat ke satu sisi pendapat), maka kemudian pd acara sebenarnya
diseimbangkanlah kesan itu dg mencoret Sawolo EMP/Lapindo dr daftar dan
menambahkan Prof Sukendar, Agus Guntoro, dan Sayogi Sudarman dlm daftar
pembicara. Suatu move yg pintar, tp agak kedodoran kalau diberi tambahan
argumen bhw: yg diundang adalah yg gencar menulis di jurnal2 (internasional)
ttg Lumpur Lapindo tsb.

  Usulan saya untuk memasukkan pembicara dr Perg Tinggi paling dekat dg
Sidoarjo yg banyak menulispun (Dr Amin Widodo) tidak dikabulkan. Selain itu
saya menyinggung nama Prof Hasanudin ITB yg pernah menulis bersama Davies (yg
kemudian diancam dituntut oleh Lapindo krn menggunakan data Lapindo tanpa ijin
untuk ikut menulis paper dg Davies), juga kawan2 Badan Geologi yg sangat aktif
riset dan menulis ttg Lumpur Lapindo. Tapi nampaknya panitia lebih suka memilih
mrk dr Indonesia yg punya kecenderungan expertise di tektonik regional,
geotermal, dan yg mrk kenal ikut bersama Lapindo mengkampanyekan penyebab gempa.

  Waktu itu surat saya dijawab panitia dg : "akan dipertimbangkan" meskipun
sulit untuk mengubah acara krn hrs memilih diantara 40 ahli yg diundang. Saya
sendiri tetap mrk harapkan datang untuk meramaikan acara diskusi. Karena saya
ada komitmen full 3 hari kmrn di Jakarta, maka agak sulit untuk ikutan hadir,
terutama kalau hanya untuk tanya jawab 2-5 menit dan bukan sessi trbuka
brainstorming smua pihak membeberkan usulan rencana ke depan.

  Sampai saat ini, saya masih juga pada pendapat: semua penyelesaian teknis
harus jadi 1 paket dg penyelesaian masalah sosial, tdk bisa dipisahkan. Kami dr
IAGI dan HAGI masih dalam posisi terus membantu Badan Geologi dlm rangka
akuisisi data 3D seismik di area lumpur dan sekitarnya untuk digunakan dalam
evaluasi perencanaan teknis - sosial kedepan.

  Salam
  ADB
  Powered by Telkomsel BlackBerry®