Mas Wikan

Terima kasih infonya, menarik atau tidaknya shale tersebut bisa ditest
dengan memproduksi shale tersebut.

Mungkin teman teman yang daerah bekerjanya berhubungan dengan Telisa, Gumai
atau Pematang shale bisa mengusulkan kemungkinan  pilot project "gas shale",
dengan menggunakan sumur yang telah menembus formasi shale tersebut  tapi
sudah tdk berproduksi ( main reservoirnya sudah habis )  atau melalui
deepening , yang tentu bisa menghemat biaya sumur untuk pilot project.

Semoga saja bisa menarik dari sisi  reservoir dan ekonomisnya....(kalau
geologinya kurang menarik kali ya ? explo shale sih...)

Salam

Kartiko

> Dari sisi geologi, apabila dapat dibuktikan formasi dangkal seperti Telisa
> dan Gumai merupakan shale gas yang produktif tentunya akan menjadi resource
> yang menarik. Tetapi kalau saya belum yakin keduanya memenuhi kriteria
> sebagai self sourced shale gas. Sebagai jenis unconventional HC mungkin iya,
> seperti tight rock (shaly sand) oil.
>
> Dikaitkan dengan producing analog (Haynesville atau Marcellus shale gas),
> maka potensi basin center deep shale gas bisa jadi menarik, sebagai contoh
> Grup Pematang. Seperti producing analog tersebut, tipe overpressured clayly
> [...]

Kirim email ke