 From: Rovicky Dwi Putrohari <rovi...@gmail.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Wednesday, February 1, 2012 8:36 AM
Subject: Re: [iagi-net-l] Re: Susunan Acara Sarasehan BKP BENCANA KATASTROPIK
PURBA - SKP BSB

2012/1/31 <koeso...@melsa.net.id>

Bukankah katastrofi Toba itu 70.000 th yg lalu (atau lebih tepat 65.000).
Kekurangan satu 0 kalau 7000 th SM. Saya masih tetap tdk mengerti kalau
'piramid' Sadahurip dihubungkan dg katastrofi purba, apakah ada katastrofi apa
yg terjadi sehubungan dg Sadahurip itu? RPK

Yang saya dengar dari kawan-kawan peneliti kebencanaan adalah hubungan yg
mungkin tidak punya relevansi langsung, atau malah tidak sama sekali.

Penelitian katastropik purba salah satunya mencari kejadian-kejadian geologi
katastropik, misal gempa, longsor dan lainnya yang terjadi pada satu tempat
tertentu. Termasuk melakukan trenching dengan melihat adanya paleo tsunami
sediment. Seperti tulisan Pak ADB, awalnya riset ilmiah, sebuah usaha mencari
informasi apakah (bagaimanakah) terjadi perulangan kejadian bencana. Endapan
longsoran tentunya bisa dibedakan dengan endapan traksi (end sungai).

Singkat cerita menurut salah satu anggota team ini menemukan ada gejala
kebencanaan disekitar daerah ini (mungkin gempa atau longsoran terpicu gempa
dsb). diantaranya ada gejala katastropik disekitar Sadahurip dan G Padang (saya
kurang jelas mana dulu yg ditemukan).

Lah kok "ndilalah" ada seseorang yang memotret gunung dengan morfologi seperti
piramida (G Sadahurip). Dan ini mengundang polemik berkelanjutan apalagi ada
kelompok lain yang konon mengeklaim menemukan hal sama (morfologi piramida) di
Gunung-gunung di Jawa Barat. Kelompok ini memang berbeda dengan team
katastropik purba.

Entah apa sebabnya kemudian piramida ini yang mencuat lebih ramai ketimbang
riset kebencanaan purba.

Dan akhirnya malah ada "spekulasi" menghubungkan bencana purba dengan piramid
ini mencuat juga. Spekulasi tentang kebudayaan juga bermunculan termasuk
"spekulasi" adanya kebudayaan tinggi pada jaman dahulu di Indonesia. Spekulasi
bahwa Indonesia ini kebudayaannya sangat maju di jaman dahulu. Tambahan pula
dengan adanya issue Atlantis ! di Sunda lagi !

Salah satu spekulasi yang saya dengar adalah, piramida ini "sengaja" ditutup
oleh manusia Indonesia (manusia Sunda ultra moderen) karena manusianya
berpindah setelah adanya bencana. Sampai disini sepertinya makse sense, tapi
buat saya masih ruwet. Karena sependek pengetahuan saya, pada jaman batu belum
ada budaya tinggi. Mirip cerita tentang spekulasi INCA berhubungan dengan UFO
juga di klaim sama juga disini. Absurd kalau menurut saya, tapi banyak yang
mempercayainya.
Tehnik yang dilakukan pembuktian ini ya diantaranya dengan IFSAR, dengan
penggalian, bahkan katanya dengan karbon dating utk melihat kapan dikuburnya
budaya ini, karena takut "dicuri" dsb. Adanya lokasi bekas quary (penggalian)
yg diinterpretasikan untuk mengubur piramid dsb juga diklaim diketemukan
didekatnya.

Namun kita (terutama saya), tidak dapat memungkiri bila memang ada sebuah
kejadian katastropik dimasa lalu. MIsal bila sedimen-sedimen disitu memang
menunjukkan adanya sebuah longsoran besar, atau sedimen tsunamigenic yg tebal
dan berulang dsb. Lah wong hampir semua endapan lereng Gunung Merapi kan
endapan katastopik kan ? Salah satu mekanisme denudasi ya longsor, yang mungkin
saja dipicu oleh gempa atau gunung meletus.

Salah satu latar belakang dari (kasus piramida) ini menurut saya adalah
"kerinduan" rakyat Indonesia pada sebuah kejayaan bangsa ini ! Kemudian
dicari-cari kisah kejayaan masa lampau untuk meningkatkan rasa percaya diri.
Memang tujuannya mulia sekali demi bangsa yg sedang minder dan anti pemerintah
yg korup dsb. Namun kalau dihubungkan dengan sains kegeologian ya saya akan
mengatakannya secara terpisah antara cerita kebencanaan dan cerita kejayaan
bangsa. Juga tidak dipungkiri adanya polemik justru menumbuhkan pariwisata dsb,
memang bukan hal aneh. Karena ada yg dapat mengambil manfaat ekonomis disitu.

Science, myth, and hope were mixed here !
Saya tertarik sekali dengan acara pemaparan ini, tapi sayangnya saya tidak
dapat hadir karena harus ke IPTC.

"Kalau mau iseng bisa saja membuat "circle crop" didekat situ, untuk menambah
kisah seru dan supaya menjadi objek wisata"

2012/2/1 Danny Hilman Natawidjaja <danny.hil...@gmail.com>

Oo, itukan berita asbun dari Viva News Pak.  Sudah diklarifikasi oleh email ADB
kemarin  ke Viva News dgn cc ke iagi-net.
>Saresehan itu judulnya ““MENGUAK TABIR PERADABAN DAN BENCANA KATASTROPIK PURBA
>DI NUSANTARA UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER DAN KETAHANAN NASIONAL”, jadi memang
>tidak melulu membahas bencana-nya.
>
>Wass
>DHN

 kenaikan rata-rata msl (mean-sea-level) sekitar 3 mm/tahun – artinya dua kali
lebih cepat dari the  present global Eustatic sea-level changes (1-2
mm/tahun).  Kemudian pada  ~14.800 BP terjadi kenaikan msl yang sangat tajam –
sekitar 30 meter dari -110m ke -85m hanya dalam kurun waktu ~1000 tahun (paling
lama) atau sampai dengan ~13.800 BP, artinya minimal rata-rata naiknya Global
sea level adalah 3cm/tahun!  Namun  mungkin saja naik 30 meter ini dalam tempo
yang jauh lebih singkat, atau jangan-jangan “instant” – pastinya tidak tahu
karena datanya kurang banyak.  Dari 13.000 – 12.000 BP air laut kembali naik
~20m total atau rata-rata naik 2cm/tahun  sehingga msl menjadi -60m di tahun
12.000 BP; Laut Jawa masih sebagian besar daratan.    Sejak 11.000 – 7000-an BP
air laut naik terus sampai sekitar   ~2m di atas present sea level atau naik
rata-rata sekitar 1.5 cm/tahun.  State of Art pengetahuan kita belum mengetahui
apa
 penyebab kenaikan laut yang sangat cepat atau bahkan mungkin ada yang
tiba-tiba tersebut.  Apakah semua itu akibat akselerasi pencairan es karena
pemanasan global akibat cosmic atau atmospheric semata. Ataukan ada kejadian
katastrofi geologi yang memicunya.  Ada seorang professor geologi dari US (saya
lupa namanya) yang pernah memberikan seminar di AGU Fall Meeting San Fransisco
tahun 2000-an  bahwa dia yakin bahwa ada  letusan gunung api Krakatau Purba
yang meletus tahun 11,000 tahunan lalu, meskipun dari tafsiran Pararaton
terjadinya sekitar tahun 400 Masehi (menurut professor itu ini tafsiran
salah).  Menurut hemat saya, walau tidak ada katastropik besar yang tiba-tiba,
naiknya airlaut beberapa cm/tahun saja pastinya disertai oleh perubahan iklim
yang luarbinasa, dan ini  sudah LETHAL untuk (peradaban) manusia – jadi
bolehlah kita sebut “slow catastrophic” (ngarang sedikit pak J).

> [...]
>bahwa ras manusia ini pernah super dungu selama paling tidak 140.000 tahun –
>hidup dari gua ke gua terusss  J  Waktu itu Pak Koesoema pergi sebelum
>menjawab pertanyaan saya ini.  Setelah itu saya masih penasaran pak.
>Kebetulan selang waktu kemudian pada bulan Desember 2010 saya bertemu dengan
>bekas pembimbing disertasi dulu di Caltech, Pak Kerry Sieh, di Jakarta,  lalu
>saya tanyakan hal yang sama.  Beliau ini selain dikenal sebagai si-mbah-nya
>earthquake geology khususnya paleoseismology, tapi juga sangat menyukai dan
 mengkaitkan kronologis kejadian gempa-gempa besar dengan peristiwa sejarah
besar dari peradaban manusia (maksudnya supaya para mahasiswa lebih tertarik
dan jadi lebih gampang mengingat-nya).  Jawaban Pak Kerry: “berdasarkan fakta
ilmiah yang ada, memang benar manusia belum dapat menetap, bertani dsb, dan
bermasyarakat - alias tidak punya peradaban sebelum 10.000 BC”. Alasannya:
karena sebelum Zaman Holocene Iklim Bumi tidak stabil alias ekstrim … sehingga
manusia hanya bisa sekedar bertahan untuk tetap hidup saja.  Kata Pak Kerry
lagi data-analisa “climate instability” ini sangat sahih.  Kami diskusi masalah
ini sampai ber-jam-jam dari sore sampai larut malam, termasuk juga membahas
bahwa walaupun Homo Sapiens sudah sejak 150.000 tahun tapi ada penelitian
evolusi DNA manusia yang memperlihatkan bahwa ada satu loncatan intelegensi
yang misterius pada sekitar 98.000 tahun lalu ( dimana setelah itu sudah ada
data artefak artefak yang
 mengindikasikan bahwa manusia sudah kenal Tuhan).  Bagi saya tetap saja
perioda antara 98.000 s/d 10.000 tahun lalu itu terlalu lama untuk
‘memenjarakan’ manusia, Sang Khalifah di muka bumi, dalam Jaman Batu.   Coba
kita bandingkan dengan peradaban “high tech” yang kita kenal sekarang yang
berkembang hanya dalam kurun waktu ratusan tahun saja setelah ditemukannya
Hukum Faraday, Maxwell, dll.   Keesokan harinya, saya sarapan bersama Pak Kerry
, kemudian iseng-iseng saya perlihatkan foto G. Sadahurip yang memperlihatkan
sisi yang terlihat perfect pyramid.   Pak Kerry sangat piawai dibidang analisa
geomorfologi dan geologi Kuarter (di Caltech mengajar mata kuliah “The Past
Million Years”).   Lalu saya tanya Pak Kerry, apakah dia bisa menerangkan
bagaimana proses geologi yang membentuk bukit seperti itu di lingkungan batuan
vulkanik Kuarter di lokasi ybs.  Singkat jawabannya: tidak gampang dijelaskan.
Dibilang gunung api purba
 engga keliatan kawahnya, dibilang sisa dari erosi sebuah intrusi – engga lazim
bentuknya seperti pyramid begitu, dsb,dll… Terus saya tambah jahil bilang bahwa
hasil trenching di puncak G. Sadahurip itu dan hasil  dating-nya adalah dari
7000 rb  s/d 10.500 carbon-dating Age (~lebih dari 11.000 BP) .  Singkatnya
kemudian, Pak Kerry bilang, tidak ada salahnya diteliti siapa tahu memang ada
tinggalan peradaban purba yang maju.  Saya masih ngoceh lagi “kalau ternyata
benar ada gimana”?  Pak Kerry bilang: “Well, then I and all other people in the
world are totally wrong, and you can forget what I said to you last night for
hours.”  Itulah tantangannya.  “Nusantara, with all earthquakes, volcanoes and
great floods, is a perfect place to bury and preserve ancient civilization if
they were exist”.  Nah, mudah-mudahan sekarang Pak Koesoema berkenan menjawab
pertanyaan saya di bandara dulu itu Pak.  Haturnuhun.

--
"Sejarah itu tidak pernah usang untuk terus dipelajari"

Kirim email ke