From: Nugrahani <nugrah...@bpmigas.go.id>
Date: Wed, 18 Apr 2012 02:32:27
To: 'iagi-net@iagi.or.id'<iagi-net@iagi.or.id>
Subject: RE: [iagi-net-l] Data Data Data !!!

Haadeeuuhh.... ini Neng Parvita (kalo Om Yudie suka keliru nih... Varpita atau
farvita atau Parvita, ya.. Yud ?? Hehehehe..) suka bikin repot aja, aku jadi
terpaksa nulis e-mail lagi soal data ini, padahal pengen udahan aja
ngomonginnya.
Gini, memang BPMIGAS itu membuat checklist data dan juga menjadi saksi saat
penyerahan data dari KKKS ke Pemerintah (dalam hal ini DitJen Migas/PND), namun
dalam hal mengelola data itu adalah hak dan wewenang Pemerintah, bukan Badan
Pelaksana.
Apabila BPMIGAS meminta copy data atau laporan sumur/akuisisi seismik kepada
KKKS, maka itu adalah dalam rangka "bukti pelaksanaan pekerjaan" (yang
anggarannya menggunakan AFE/tercantum pada WP&B), jadi bukan dalam rangka
mengelola/menyimpan data. Enggak bisa KKKS minta data ke BPMIGAS (dan BPMIGAS
juga gak boleh memberikannya ke KKKS). Enggak boleh KKKS menolak mengirim data
kepada Pemerintah karena merasa udah mengirimkannya kepada BPMIGAS, karena
tujuannya itu berbeda. KKKS dan juga BPMIGAS harus menyerahkan dan membeli
(atau meminjam) data hanya kepada Pemerintah. Bahkan untuk izin publikasi
makalah pun, kami di BPMIGAS juga harus mengajukan izin penggunaan data ke
DitJen Migas (sama aja dengan teman2 KKKS). BPMIGAS enggak punya koleksi data,
dan gak punya storage untuk itu. Bila ada data yang di BPMIGAS maka itu adalah
dalam rangka studi internal atau untuk bahan pemeriksaan audit terhadap
pekerjaan yang sudah dilakukan KKKS.

Soal malu pada investor, ya... silakan ditagih aja data yang menjadi haknya itu
kepada Ditjen Migas.
Mudah2an sih pengelolaan data kita ini semakin baik, dari hari ke hari.

Udahan ya... ngomongin datanya.
Terima kasih.

Salam,
Nuning