Rekan-rekan IAGI-MGEI,

Melalui email ini saya ingin menyampaikan terima kasih tak terhingga atas
doa dan dukungan buat saya dan keluarga atas kejadian yang menimpa saya hari
Sabtu lalu sehingga harus dirawat di rumah sakit selama bbrp hari.
Alhamdulillah, atas doa dan dukungan semua rekan-rekan kondisi kesehatan
saya sudah berangsur pulih dan normal kembali, dan saat ini sudah bisa
berkumpul dengan keluarga di rumah sejak kemarin sore. Terharu dan gembira
sekali rasanya mendapatkan simpati, perhatian dan doa dari rekan-rekan baik
yang langsung datang menjenguk di rumah sakit maupun melalui ucapan
penyemangat via milist ini. Hanya Allah swt yang akan mampu membalas budi
baik rekan-rekan semua, dan semoga ini menjadi catatan amal baik di hadapan
Allah swt.

Sedikit berbagi, kejadian yg menimpa saya kemungkinan besar disebabkan oleh
olah raga tennis yg agak berlebihan di Sabtu pagi tsb. Sejak lebih dari 2
tahun lalu saya memang sudah pasang stent/ ring (3 buah) untuk mengatasi
problem sumbatan pada koroner saya, dan telah melakukan diet kolesterol
lumayan ketat, cek lab dan dokter secara rutin, serta olah raga teratur
(tennis dan jogging) sesuai anjuran dokter. Biasanya saya memang main tennis
seminggu sekali atau 2x dan main 2 - 3 games, tetapi dengan break di antara
masing-masing game. Hal ini selama 2 tahun telah saya lakukan secara rutin
tidak ada masalah bahkan saya merasa badan makin fit. Tapi pagi tsb krn akan
ada acara lain (agak buru-buru), maka saya lakukan tennis 2 games non stop
(tanpa break) kemudian pulang ke rumah.  Kemungkinan tsb barangkali yg
memicu kerja jantung terlalu keras dan menimbulkan problem. Saat datangnya
serangan saya sudah ada di rumah, dan alhamdulillah saya tetap sadar dan
sempat memasang obat darurat (yg diletakkan di bawah lidah) - yg biasa di
bawa penderita gangguan jantung, sehingga bisa dibawa ke rumah sakit dengan
aman, dan mendapatkan pertolongan semestinya sampai kondisi pulih kembali.

Pelajaran yg di dapat (paling tidak buat saya sendiri) adalah dalam olah
raga bagi penderita masalah jantung mesti mengukur diri sesuai kemampuan,
dan olah raga yg bersifat game (mencari menang - kalah) perlu dihindari
karena pasti melibatkan emosi. Terima kasih sekali untuk masukan dari
rekan-rekan (termasuk dari Abah Yanto) ttg jenis2 olah raga yg pas untuk
penderita masalah jantung.

Mohon maaf kalau ini ngelantur menjadi OOT, tapi mudah-mudahan bermanfaat
bagi rekan2 geologist yg pada umumnya selalu bersemangat di segala bidang
untuk tetap bisa mengontrol diri kita masing-masing.

Salam hidup sehat,

Daru