Pak Awang, Pak Taufik.
Terima kasih atas sharingnya ttg eksplorasi di Buton yang menarik ini.

Saya mengasumsikan bhw saat pre-drill sumur Benteng-1 tsb operator mengharapkan
adanya closure di level Cretaceous akibat fault/fold/kombinasi.
Ternyata hasil post-drill menunjukkan (dari penjelasan pak Awang sebelumnya)
bahwa:

*Terdapat thrust sheet yang berulang pd Fm. Tondo berumur Tersier akibat
thin-skinned tectonic shg primary objectif yi Cretaceous Tobelo Lmst tidak
dicapai.
*Target Cretaceous kini harus digeser ke target Tertiary Tondo Lmst yang
terrestrial SRnya sudah mengindikasikan adanya penggenerasian minyak ringan.

Jika pemahaman saya betul maka saya membayangkan bahwa adanya imbrikasi yang
hanya ditemui pada lapisan Tersier Tondo dan tidak mempengaruhi lapisan
Cretaceous Lmst tersebut bisa mengindikasikan salah satunya krn terdapatnya
bidang gelincir (detachment surface) yang kemungkinan besar terletak di antara
Tersier dan Cretaceous Lmst. tersebut, possibly  di atas Early Tertiary shale
atau Late Cretaceous shale.

Jika benar seperti ini maka meskipun ada closure di level Tersier (yg
terpetakan dari seismik) menurut saya bisa jadi tidak harus ada di level
Cretaceous Lmst. Dan bisa jadi pula bahwa sumbu closure di level Cretaceous ini
(jika ada) sama sekali tidak paralel dgn sumbu closure di level Tersier
(misalnya krn kompresi multifase).

Selain itu, beberapa kemungkinan/skenario lainnya adalah:
#1-tidak hanya terfokus pada Tersier closure (seperti skenario di atas)
#2- mengetes prospek lain (jika ada) yg ketebalan imbrikasinya relatif tipis
(kalau cukup jelas dari seismik) dengan harapan cepat mencapai target
Cretaceous lmst nya.
#3- mengetes downthrown blok yang bisa jadi ada 3-way closure against fault di
situ.

Dengan masih adanya kemungkinan-kemungkinan lain tsb, apakah keputusan untuk
mengubah target ini tidak terlalu dini menurut pak Awang?

HC yang sebelumnya diharapkan mengisi Cretaceous Lmst ini apakah terrestrial
Tondo SR berumur Tersier atau marine shale Winto Fm berumur Trias atau possibly
kombinasi?

Mohon pencerahannya pak. Terimakasih.

Salam,
Andi.