--- Pada Sel, 20/11/12, Andi AB Salahuddin <a_baiq...@yahoo.com> menulis:

Dari: Andi AB Salahuddin <a_baiq...@yahoo.com>
Judul: Re: Bls: [iagi-net-l] Buton dan Keindahan Wakatobi
Kepada: "IAGI NET" <iagi-net@iagi.or.id>
Tanggal: Selasa, 20 November, 2012, 3:45 AM

Pak Awang, Pak Taufik.
Terima kasih atas sharingnya ttg eksplorasi di Buton yang menarik ini.

Saya mengasumsikan bhw saat pre-drill sumur Benteng-1 tsb operator mengharapkan
adanya closure di level Cretaceous akibat fault/fold/kombinasi.
Ternyata hasil post-drill menunjukkan (dari penjelasan pak Awang sebelumnya)
bahwa:

*Terdapat thrust sheet yang berulang pd Fm. Tondo berumur Tersier akibat
thin-skinned tectonic shg primary objectif yi Cretaceous Tobelo Lmst tidak
dicapai.
*Target Cretaceous kini harus digeser ke target Tertiary Tondo Lmst yang
terrestrial SRnya sudah mengindikasikan adanya penggenerasian minyak ringan.

Jika pemahaman saya betul maka saya membayangkan bahwa adanya imbrikasi yang
hanya ditemui pada lapisan Tersier Tondo dan tidak mempengaruhi lapisan
Cretaceous Lmst tersebut bisa mengindikasikan salah satunya krn terdapatnya
bidang gelincir (detachment surface) yang kemungkinan besar terletak di antara
Tersier dan Cretaceous Lmst. tersebut, possibly  di atas Early Tertiary shale
atau Late Cretaceous shale.

Jika benar seperti ini maka meskipun ada closure di level Tersier (yg
terpetakan dari seismik) menurut saya bisa jadi tidak harus ada di level
Cretaceous Lmst. Dan bisa jadi pula bahwa sumbu closure di level Cretaceous ini
(jika ada) sama sekali tidak paralel dgn sumbu closure di level Tersier
(misalnya krn kompresi multifase).

Selain itu, beberapa kemungkinan/skenario lainnya adalah:
#1-tidak hanya terfokus pada Tersier closure (seperti skenario di atas)
#2- mengetes prospek lain (jika ada) yg ketebalan imbrikasinya relatif tipis
(kalau cukup jelas dari seismik) dengan harapan cepat mencapai target
Cretaceous lmst nya.
#3- mengetes downthrown blok yang bisa jadi ada 3-way closure against fault di
situ.

Dengan masih adanya kemungkinan-kemungkinan lain tsb, apakah keputusan untuk
mengubah target ini tidak terlalu dini menurut pak Awang?

HC yang sebelumnya diharapkan mengisi Cretaceous Lmst ini apakah terrestrial
Tondo SR berumur Tersier atau marine shale Winto Fm berumur Trias atau possibly
kombinasi?

Mohon pencerahannya pak. Terimakasih.

Salam,
Andi.
Powered by VulsaQu®From:  Awang Satyana <awangsaty...@yahoo.com>
Date: Mon, 19 Nov 2012 23:58:03 +0800 (SGT)To:
IAGI<iagi-net@iagi.or.id>ReplyTo:  <iagi-net@iagi.or.id>
Cc: Forum HAGI<fo...@hagi.or.id>; Geo Unpad<geo_un...@yahoogroups.com>;
Eksplorasi BPMIGAS<eksplorasi_bpmi...@yahoogroups.com>Subject: Bls:
[iagi-net-l] Buton dan Keindahan Wakatobi
Pak Taufik,

Terima kasih atas cerita pengalaman Buton-nya. Bisa disebutkan eksplorasi di
Buton masih menantang, sebagian besar karena sulitnya imaging seismik di
wilayah ini. Generasi minyak sudah terjadi, baik dari batuan induk Winto
(Triassic marine shale) yang juga menjadi batuan induk untuk minyak yang
kemudian terbiodegradasi jadi aspal di Buton, juga dari batuan induk
Paleogen/Neogen Tondo (terrestrial source rocks). Elemen dan proses petroleum
system yang lain pun sudah berjalan, hanya caprock yang perlu dikaji lebih jauh
dan dicari yang masih utuh. Struktur2 yang tak terlalu kompleks bisa menjadi
target, sebab struktur2 yang terlalu kompleks umumnya sudah hilang caprock-nya.

Wakatobi -wangi2-kaledupa-tomeo-binongko sering dimasukkan ke dalam
mikrokontinen Tukang Besi karena kebetulan di Binongko terdapat para perajin
pandai
 besi (tukang besi). Menurut Davidson (1991), mikrokontinen Tukang Besi ini
membentur mikrokontinen Buton. Tetapi kajian lebih lanjut berdasarkan data
gravity dan data seismik geomarin yang lebih baru ( saya publikasi di pertemuan
IPA, 2011), mengindikasi bahwa mikrokontinen Tukang Besi bukan membentur Tukang
Besi (sebab tak ada bukti suture-nya, juga di antara kepulauan Wakatobi dan
Buton tak ada struktur kompresif benturan). Justru yang ada adalah struktur
ekstensi. Jadi saya menafsirkan hal yang berlainan dengan Davidson (1991),
yaitu bahwa Tukang Besi bukanlah mikrokontinen tersendiri, melainkan satu
kesatuan dengan Buton. Saat Buton membentur Sulawesi Tenggara, Buton berada
pada bagian collision front-nya, sangat kompresif, lalu ke arah timur, Tukang
Besi justru mengalami post-collision escape sehingga membentuk struktur2
ektensi. Hal itu terjadi juga pada benturan Banggai-Sula (Garrard, 1988).

Apakah Wakatobi membentur Buton atau justru
 menjauhinya akan sangat berpengaruh kepada petroleum geology wilayah ini.
Menurut hemat saya, Wakatobi justru menjauhi Buton karena kompensasi isostatik
pascabenturan, bukan membenturnya seperti umum diketahui orang berdasarkan
Davidson (1991)

Salam,
Awang

                            Taufik Manan <taufik.ma...@gmail.com>;

                             <iagi-net@iagi.or.id>;

                            Awang Satyana <awangsaty...@yahoo.com>; Taufik
Manan <taufik.ma...@gmail.com>;

                            [iagi-net-l] Buton dan Keindahan Wakatobi

                            Mon, Nov 19, 2012 9:26:10 AM

                                        Pak Awang dan juga rekan seprofesi,
Saya sangat sependapat dengan analisa teknis Pak Awang tentang Petroleum System
di Buton. Kebetulan antara tahun 2010 sd pertengahan 2012, saya bekerja di
salah satu KKKS di Buton. Kita pernah diskusi bareng untuk potensi sumberdaya
migas di sana.

Yang masih saya ingat di Buton adalah "Petroleum System"nya sudah relatif
lengkap namun masih perlu analisa lebih detail tentang Patahan dan "Sealing"nya
disamping analisa geokimia lanjutan dari "oil seeps"  yang tersebar di P. Buton
dan sekitarnya.

Kendala data G&G yang saya temui di sana adalah kualitas data seismik yang
umumnya kualitasnya "poor to fair" dan memakai parameter (vintage) tahun 1980
dan 1990 khususnya ketika dulu Conoco beroperasi di area Buton dan Muna.
Sedangkan survei seismik untuk mendapatkan data "Signal / Noise" yang baik,
sulit didapat karena kondisi medan operasional. Mungkin rekan2 yang pernah
kerja di Conoco (sekitar tahun 80-90) dan Japex (2007-sekarang) dapat sharing
pengalaman di sini. Sedangkan data 2D seismik lautnya cukup baik dan dapat
membuktikan adanya "depocenter" di Buton.

Menurut saya tantangan eksplorasi di Buton dan sekitarnya masih menarik dan
banyaknya singkapan aspal dapat menjadi "kunci" faktor pencarian sumber daya
migas di sana. Semoga berjaya eksplorasi di Buton.

Khusus mengenai Wakatobi yang menurut beberapa rekan yang pernah ke sana, lebih
bagus daripada Bunaken di Sulut, sudah banyak resort dan penerbangan ke sana.
Area Wakatobi, setahu saya masuk area salah satu KKKS di sana namun
kelihatannya sulit dilakukan eksplorasi di sana karena statusnya adalah "Taman
Laut  Nasional yang dilindungi" meskipun dari data seismik regional dan gravity
regional menyimpulkan kemungkinan adanya "closure" di sana.

Selamat bereksplorasi dan sekaligus berwisata ke Indonesia Timur yang masih
asri alamnya.Jadi "sambil menyelam / diving kita belajar potensi sumberdaya
migas"

NPA # 3005