Andi and all Semangat pagi,

Pertama bermain di THIN SKIN tectonic harus hati2, yg dipikirkan Andi
polanya sudah benar, kalau kita lihat stratigraphy Indonesia bagian timur
memang cukup kompleks tapi tidak rumit. Masalahnya data yg sempat saya
lihat sangat terbatas, tentunya data yg bisa saya lihat tidak seluas pak
Awang yg berkantor di BPMigas, sehingga bahasan yg bisa saya berikan adalah
berdasar "publish report yg ada", IPA, IAGI dan mungkin sedikit sekali
pengalaman pribadi, tapi meskipun begitu sebagai explorationist kita harus
all out, NEVER GIVE UP and keep on looking..... someday we will be
there.... amien YRA

Kalau kita perhatikan Eustatcy di kolom stratigraphy (cak Min aku suka
Eustacy je ojo di protes yah) menunjukkan bahwa terjadi major flooding pada
saat Upper Cretaceous sampai Paleogene, kalau di Bintuni "rock record"nya
adalah berupa Jass FM dan Waripi FM yg mana kedua formasi ini sangat kaya
dg material yg berbutiran halus, selanjutnya juga terjadi pada ahir
Oligocene yg juga menghasilkan batuan berbutir halus dari Fumai FM,
sehingga sangat memungkinkan untuk membentuk "ductile sediment" di
subsurface dan menjadi "decolma" surface untuk bbrpa Trust Sheet yg
terbentuk karena East Indonesia docking ke West Indonesia antara 4-1 MYBP
(million years before present), dari data2 spec survey yg aku lihat di IPA
jelas peran 4-1 MYBP ini dan kayaknya yg terdeformasi habis hanya tersier
sediment, sedangkan kalau melihat data yg lebih dalam (baca Devon- Cret)
kok kayaknya agak "quite" ya artinya ada structuration tapi tidak seheboh
yg di tersiernya. Tidak menutup kemungkinan data yg lain berkata sebaliknya
dan data itu tidak pernah saya lihat.

Nah kalau benar yg terjadi seperti itu maka Cretaceous sediment and older
yg secara stratigrafi ada di bawah lapisan "decolma" ini maka bisa jadi
deformasinya / structurationnya hanya terjadi pada saat mereka (baca mulai
Devon-Cret) drifted dari Australi ke Utara menuju East Indononesia. Kalau
dari bbrp kabar burung batuan ini berpositas 2-5% tentunya jauh dari sifat
ductile itu tadi. Flooding juga dilaporkan terjadi pada saat Permian yg
bisa jadi menghasilkan batuan berbutir halus, tapi karena umurnya sudah tua
biasanya mereka sudah menyerpih shg tidak ductile ligi. Ini yg aku lihat di
singkapan di Canada, la wong saya belum pernah lihat singkapan Permian
kecuali yg ada di Norh Amrika. Kalau batuan Perm (260 MYBP) di basin2 kita
East Indonesia deformasinya memang menuju serpih maka mungkin sudah tidak
ductile lagi.

Buton / bagian selatan Sulawesi menurut Rob Hall (mbahnya plate tectonic)
asal muasalanya merupakan bagian dari Northern Tip of Aussie Continent,
drifting slowly dari 30 MYBP dan mulai drifted sbg micro continent sekitar
10 MYBP dan docking dg Sulawesi as you see sekarang, paling tidak ada 10 MY
process structuration dg posisi Strike slip fault yg lokasinya tidak
terlalu jauh dari Buton membuat Structuration disana menjadi sangat2
kompleks.

Problem pada highly imbricated fault area adalah bagaimana membuat "image
seismic" yg bagus, sepertinya ini tantangan yg paling utama dan sepertinya
memang ini tidak bisa di solve dg hanya mengambil data 2D dg design
parameter yg normal, mestinya dilakukan dg metode 3D itupun belum tentu
berhasil, karena daya absorbsi "trust sheet" itu sangat kuat sehingga
signal/noise rasio tidak pernah bagus. Itu mungkin sebabnya "dead oil" atau
yg disebut "biodegradasi oil" oleh pak Awang bisa naik ke surface karena
sebetulnya "trust sheet" ini merupakan "migration path way" dari either
Kitchen ke reservoir "breached" karena banyak "trust sheet" ya lalu keluar
ke surface.

Kesimpulan:

1. Imbricated fault hanya terjadi di Tersier dan tidak lanjut ke pra Tersier
2. Kemungkinan Oil tidak stay di reservoir tapi "breached" ke surface
karena heavily trausted
3. Petroleum system works (artinya kitchen dan source rock OK)
4. Masih mungkin di temukan struktur yg bagus dg melakukan 3D seismic dg
design parameter yg bagus (perlu bantuan HAGI)

Ini sekedar urun rembuk saya di pagi yg cerah, kalau salah ya maaf.

*Pengalaman kerja:*
Lengguru Trust Belt, Adelaide, Cordileran Banff Canada, Cepu, Selat Madura
dan banyak lagi yg lainnya tapi bukan trust belt.
ExxonMobil 24th, Samudra Energy 5th, Suma Sarana 8 bulan

Lam salam
Avi

Kirim email ke