Setuju mas Ari (medco)
Begitulah, kalau di lihat angka yang besar, kita harus jeli lagi apakah itu
porsi development atau porsi eksplorasi.  Seharusnya lebih di perbesar
porsi eksplorasi.
Contoh yang saya alami sendiri, yaitu Badan Geologi dalam kebijakan
pengeboran landaian suhu di lokasi Lainea, Sulawesi Tenggara, telah membor
4 buah sumur dengan program rata-rata dengan kedalaman 700m.  Biaya total
kalau di kalikan empat = 2.800m.  Kalau saja biaya ini di alokasikan untuk
satu sumur eksplorasi sudah ter-cover khan? karena di indonesia sumur
geothermal berkisar > 1800m.  Apakah ini pilihan yang cerdas atau sekedar
mencari "ujungan"  dari APBN 2013?

Wallahu'alam bi shawab
RH 3541

Go Green Energy
Sustainable development

*Rahmawan Helmi*
GeologistNPA3541
GeoUnpad-MIG89
Geotermal.ITB-2011
DisESDM.ProvJabar
+62 853 9542 0580

Pada 19 Juni 2013 20.46, Aziz Rifai <aziz.ri...@medcoenergi.com> menulis:

> Kalau dilihat gambarnya, spending tsb lebih untuk development spending.
> Bagaimana halnya dengan investasi untuk eksplorasi?
>

> ARI

Joint Convention Medan 2013 (JCM 2013)
The 38th HAGI and 42nd IAGI Annual Convention & Exhibition
Register Now! http://www.jcm2013.com/registration/
Hubungi Kami: http://www.iagi.or.id/contact
Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa)