> Saya Widya Latief, Finance Affair dari Linux.or.id
> mungkin kami bisa membantu anda sekarang, dengan memenuhi keinginan anda
> memiliki CD-LINUX. Melalui proses penggandaan dengan harga wajar. Berikut
> cd linux yang kami tawarkan:
Salut, semoga bisa memasyarakat.

> Disk #3: Debian GNU/Linux 1.1.4, JE Distribution [ 1buah cd ]
> Disk #8, #9 : Debian 1.3.1 Source + Binary (harus dibeli satu paket) [ 2
> buah CD ]
Debian Ver. 2.0 akan di rilis pada waktu dekat (bulan ini).

> PS: kami mencoba memeriksa apakah cd linux yang kami gandakan
>       legal atau tidak, dan kami masih mencari informasi
>       jika menurut anda itu ilegal
> mohon saya secara pribadi diberitahu secepatnya
>       demi nama baik LINUX-INDONESIA [http://www.linux.or.id]
>       terima kasih

Ini yang paling sulit: menyusun license gudelines untuk suatu distribusi.
Skema yang paling saya suka adalah "Debian Software Distribution Guideline"
yang membedakan software pada debian distribution ke 3 kategori, yang ringkasnya sbb:

(1) Main section:
        berisi software-software yang lisensinya adalah "unlimited and unrestricted".
        adapun Lisensi-lisensi (sekarang) yang termasuk lisensi tsb adalah:
                BSD, GPL/LGPL, X dan Artistic
        Software-software ini pada dasarnya dapat dicopy secara bebas pada media apapun
        (termasuk CD-ROM).

(2) Non-free section:
        berisi software-software yang mempunya limitasi pada skema distribusinya.
        Limitasi itu al.: distribusi harus melalui internet, gratis hanya untuk
personal
                        use, shareware license, software yang dilarang di exsport dari
US,dll.
        Software-software kategori ini biasanya *tidak dikopikan ke CDROM* untuk
menghindari
        pelanggaran copyright. Distribusi dilakukan melalui internet. Dan pemakai
diberitahukan
        cara untuk mendapatkan distribusi ini (ftp server terdekat).
        Contohyna:
                Aladdin Ghostscript, PGP, XV, Apache-SSL, Kermit,  Qt dll.

(3) Contribution section:
        Open Source softwares yang tergantung pada commercial software
        atau Non-free software:  al. Motif linked binaries.
        Software-software pada kategori ini *bisa* dikopikan ke CD-ROM atau media yang
lain.
        Contoh software pada seksi ini:
                KDE, MetroX installer, Netscape 3.1 & 4.1 Installer, Motif Installer,
                StarOffice installer, Real Video Player installer dll.

Inilah skema yang  kami  ambil pada  debian distribution, agar   dapat
benar-benar menjaga  debian distribution tetap  open (free) dan bersih
selamanya.
Saya kurang tahu tentang RedHat, Caldera dll.

Jika kita ingin  mengopy  CD secar  legal,  cara yang paling baik  dan
cepat, adalah memeriksa Software-software yang ada di Non-free section
dari  debian.   Dan menyimpulkan  apakah software-software  itu  dapat
dikopi secara bebas ke cdrom atau tidak.

Semoga    dapat membantu, dan  jika   ada   yang  kurang  jelas  dapat
menghubungi secara langsung.

Salam,
--
Eko Fajar.