Pertama2 saya minta maaf nih kalau pertanyaan saya dianggap bodoh.
Saya sudah termasuk lama juga sih belajar linux... tapi barangkali gara2
lemot kali yach... ampe sekarang masih new bies aja... :)

Masalah saya begini :
Saya punya 2 network, anggap network A dan network B.
Mesin2 di network A adalah windows semua kecuali gatewaynya linux.
Sedang seluruh mesin di network B semuanya linux.
Gateway network A dan network B satu interface.

Nah masalah saya, saya mencoba telnet dari semua mesin ( windows ) yg ada
di network A ke mesin2 di network B, tapi nggak bisa.
Padahal kalau cuma ping aja bisa.

Sedangkan kalau saya telnet ke mesin2 di network B dari gateway network A
( yg linux ), bisa.

Kira2 masalahnya di mana yach ?
tadinya saya pikir masalah routing, tapi kalau routenya nggak bener khan
mestinya ping juga nggak bisa khan ?
Hmm... ada yg mau bantu saya ?

    -bank al-
http://i.am/bank_al