Alfred Alinazar wrote:

> Sebelum saya teruskan bertanya, saya minta tolong diluruskan pemahaman
> saya tentang ip forwarding.
> Setahu saya ini diperlukan kalua ada 2 interface yg harus dihubungkan.
>
> Kalau seandainya ini benar, mestinya kalau ip forwardignya didisable,
> mesin di network A nggak bisa telnet ke manapun, kecuali ke gateway-nya,
> apa betul begitu ?
> ( mohon kalau saya salah dikoreksi ).

sudah betul

> Tapi pada kasus saya, mesin2 di network A bisa telnet ke luar, bahkan ke
> luar kota sekalipun ( kalau kebetulan koneksi sedang bagus ).
> Mereka hanya tidak bisa telnet ke mesin2 di network B.
>
> Nah ini kejadian aneh lagi.
> Ternyata tiba2 mesin di network A bisa telnet ke mesin di network B,
> ketika saya jalankan ulang networknya
>
> # /etc/rc.d/init.d/network restart
>
> Tiba2 dia bisa telnet ke network B.

Sepertinya runlevel default anda tidak menjalankan
/etc/rc.d/init.d/network,
coba check pake ntsysv, atau pada saat abis reboot check pakai
/etc/.../network status

> Dan dia akan kembali tidak bisa ketika gateway tersebut di reboot.
>
> Hmmm... kira2 di mana bedanya yach ? Bukannya ketika reboot juga
> menjalankan script yg sama ?
>
> Oh ya... yg saya maksud tidak bisa telnet tersebut adalah keluarnya
> jawaban
>   "could no open a connection to 172.16.10.2"

Berarti interface gateway untuk ip tersebut belum aktif.

> Jadi nggak sampe muncul prompt.
>
> Apa kah perlu saya tambahkan perintah
> /etc/rc.d/init.d/network restart
> di rc.local ?
> Hihih... sudah saya coba... dan ternyata memang bisa... tapi kok rasanya
> penyelesaian begini nggak umum yach ? :(
> Dan masih membuat saya bertanya tanya.....sebenarnya di mana sih letak
> settingnya yg mabok ?

Sama dengan usulan Pak Bimo, check pakai ntsysv apakah
network sudah jalan.

Anda tidak memberitahukan network address anda untuk mesin gateway
tapi saya asumsikan:

netA (172.16.10.0) --- gateway --- netB (172.16.??.0
   gw eth0 (172.16.10.2)     gw eth1 (172.16.??.?)

Nah kalau mesin di netA bisa telnet ke B (dan mendapat login: prompt)
berarti mesin2 di kedua network sudah tahu gatewaynya... tinggal
apakah kedua interface gateway tersebut sudah up/aktif?

--
+---| Netscape Communicator 4.x |---| Powered by Linux 2.1.x |---+
|/v\ Agus Budy Wuysang                   MIS Department          |