On Wed, 18 Nov 1998, Fluffy Ball wrote:

> dari sekian banyak masalah di atas,
> yang paling/benar2x mengganggu saat itu adalah kebodohan user dalam
> menggunakan komputer sebagai tool.

> Sebagai pribadi, saya tidak mempermasalahkan teknologi yang ada, tetapi
> tantangan terbesar bagi saya adalah dealing with human.

> -Apapun tipe yang OS yang digunakan di sisi client, yang paling gampang
> digunakan adalah yang paling baik.

Seperti yang saya sebutkan dalam prediksi saya tentang 4 tingkat tipe EDP
(dumb user - no sysadmin, dumb user - dumb sysadmin, dumb user - smart
sysadmin, smart user - smart sysadmin), sebetulnya kondisi yang disebutkan
adalah kondisi ke tiga, bahwa user cukup 'dumb user', maka pilih yang
cocok untuk 'dumb user', yakni misalnya win95, user nggak perlu tahu apa
yang terjadi. kalau suatu hari di desktop-nya tambah satu icon pun user
nggak perlu tahu kenapa, itu yang men-set sysadmin. sysadmin jadi orang
yang jago di pengurusan server maupun hotline service ke user.
dalam prediksi saya, kondisi ini berakhir kalau staf perusahaan itu sudah
banyak sekali dan setiap staf megang komputer, nggak efisien lagi kalau
hotline diperbanyak hanya karena setiap user adalah 'dumb'. lebih murah
jika user di-upgrade jadi 'smart' lalu hotline cukup ngurus jaringan
backbone, server, dan masalah di client yang berat - berat saja.

 +- and with none but Allah is the direction of my affair to the right issue;
/ /_/    _/ /_/_/_/_/    on Him do I rely and to Him do I turn (QS 11:88) ///
  _/_/_/_/  _/ HDS5 _/               [EMAIL PROTECTED] (Syafrudin)
/_/    _/ /_/_/_/_/_/   = pramuka.org - linux.or.id - estuary.klwarta.or.id =