On Thu, Jan 15, 2004 at 04:05:46PM +0700, Julyanto Sutandang wrote:
> Berikut ini adalah usulan mengenai alternatif definisi dari Jaringan
> Jaringan adalah:
>     Suatu hubungan antar entity yang didalamnya terkait pertukaran informasi
> antar satu sama lainnya,
>     Jaringan yang dimaksud tidak terbatas pada Jaringan Telekomunikasi,
> Komputer, maupun Content.
>     Entity yang termasuk didalamnya bisa apa saja selama itu dapat berperan
> dan mendapat keuntungan
>     dari keikutsertaannya didalam jaringan tersebut. Berkaitan dengan
> pertukaran informasi yang dimaksud
> [...]

Definisi di atas menurut saya terlalu luas.
Sebagai contoh, saya mengelola sebuah komunitas yang diberi nama
"ISNET" (Islamic Network), atau Jaringan Pengajian Mancanegara.

Kalau menurut definisi di atas, maka layanan / kelompok ini
bisa juga masuk ke katagori jaringan karena ada content,
ada entity yang masuk di dalamnya, informasinya dalam bentuk
elektronik.

Wah, nanti malah rancu definisi dari "jaringan" sehingga akhirnya
net.id sama saja dengan or.id. ;-)

-- budi