Bung Indra,

Saya mengakui bahwa saya pun memiliki banyak software ataupun ebook yang
illegal. Tapi saya cukup tau diri untuk tidak bertanya atau menyebarkan
informasi seputar hal itu di milis ini, karena ATURANNYA SUDAH SEPERTI ITU.

Analogikan Anda bertanya atau berdiskusi soal film, lagu, gosip artis, dll
yg sifatnya duniawi di dalam masjid atau tempat ibadah. Dilarang? Tidak
etis? Tidak pada tempatnya? Dan lebih parah ketika orang tersebut ditegur,
dia malah emosi karena merasa hak nya dilanggar.

Got the point? TIDAK PADA TEMPATNYA.

Saya cukup tau Bung Ryo ikut milis lain yang notabene aturan soal
legal/illegal itu justru tidak berlaku sama sekali disana. Dimana? Milis
apa? Jangan bertanya disini karena BUKAN PADA TEMPATNYA.

Mudah2an Anda bisa memahami aturan tersebut. Dimana langit dijunjung, disitu
bumi dipijak. Sesuaikan sikap dan tingkah laku kita dengan aturan main yang
ada di lingkungan tersebut. Tidak puas? Silakan pergi atau membuat komunitas
baru, karena aturan yang Anda buat di komunitas baru itupun harus dipatuhi
oleh mereka yang bergabung. Ketika aturan pada komunitas Anda dilanggar oleh
orang lain, Anda pasti akan bersikap sama seperti Bung Ryo.

Regards,
Setyo Suhartanto