On 10/29/07, Muhadly Acho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Syarif,
>
> Mungkin secara ngga langsung bung Ryo sudah memberikan analoginya, ya
> soal si vw combi di parkir bandara tadi, jadi yang salah sebetulnya
> bukan penyedia spacenya tapi si uploadernya. Yang penting anda sebagai
> penyedia sudah membuat TOS yang sejelas mungkin untuk tidak meletakkan
> file2 yang illegal. Dan kalau ada laporan bahwa terdapat file ilegal,
> anda sebagai pengelola space harus menghapusnya sebagai bentuk
> ketidakberpihakan anda terhadap penyebarluasan barang ilegal tadi.

Setuju 100%

Lain halnya kalau tidak ada laporan, karena kemungkinan anda ngga bisa
> control legalitas seluruh file 100%. Mungkin hal semacam ini bisa anda
> bicarakan dengan bagian legal.

Nah memang bagian ini yang saya khawatirkan, masalah CONTROL. Misal
skenarionya begini, tanggal 1-nov ada orang upload file MS Office Bajakan,
kemudian tanggal 2-Nov s/d 3-Nov nggak ada yang komplain, tiba-tiba tanggal
4-Nov udah ada bapak-bapak Plokis yang datang kemudian server diangkut...
Jelas file MS Office bajakan secara SAH dan MEYAKINKAN ada di server saya...

Kalo kasusnya begini khan Bapak-Bapak Plokis nggak mau tau, ini khan sudah
Tertangkap Basah.

...del...

--
// syarifl.com