Ayolah pak, dimaklumi aja kalo blackberry ini mempermudah sebagian orang yg
ndak bisa mantengin komputer/laptop trus menerus. Ndak ada aturannya kan member
harus pake email client di komputer/laptop.

From: "syiwabhairawa" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Wed, 30 Jul 2008 12:04:28
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Ttg penyampaian informasiRe: [ITCENTER] mohon bantuannya

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "ƒêÓðâ² (Ryo Saeba)" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> betul sekali, seperti yang saya amati, anda selalu menentukan mana
> yang berguna lalu mengumumkan lagi ke milis. entah itu ada maksud lain
> atau tidak, meminjam kata-kata dari anda sendiri.

Ciri khas pengguna BlackBerry yang masuk mailing list, kayak kuda
pakai kacamata kuda, tunnel vision, semua emailnya di-reply atau
di-forward atau di-summarize seolah email pribadi (japri), padahal
buat orang lain yang pakai email client normal, dengan mudah lihat
thread email dan archive dari mail mail yang lain.

Pengalaman yg sama juga saya alami di mailing list lain seperti Jalan
Sutera yang isinya informasi orang jalan jalan dan makan makan. Banyak
pengguna BB yang tiba tiba kirim one liner "minta informasi makan enak
di Bandung", tanpa sadar kalo thread bersebelahan sedang asyik asyik
membahas soal makan di Bandung. Juga gak pernah baca archive, karena
devicenya gak kuat simpen semua archive, akibatnya sering materi yang
sudah dibahas mendalam beberapa hari lalu dan sudah tuntas ditanyakan
dari 0 kembali oleh para pengguna BB ini, sementara pengguna email
client dengan mudah search archive di mailbox-nya.