saya pernah punya pengalaman yg mirip
bedanya saya bukan dalam posisi admin
tapi dalam posisi diperintah untuk mendelete isi email

sekedar saran buat para admin
jika email kantor itu pake outlook atau thunderbird atau aplikasi email
yg lain (bukan web mail)
siapkan saja aplikasi backup email personal di komputer2 kantor
jadi user bisa backup email2 mereka
kasih pengumuman setiap waktu yang sudah ditentukan,
email akan dihapus, harap backup email anda masing2.

backup email paling manthab yang pernah saya pakai
adalah "adobe acrobat professional", bajakan sih,
itu karena kantor ga mau beli software itu,
saya rasa banyak kok software2 lain buat hal ini.
dan mungkin ada software yg gratisan (saya ga nyari, jadi ga tau)

Mudah2an bisa jadi solusi yg tidak memihak
Regards,
Billy