On Fri, Oct 03, 2003 at 10:06:22AM +0700, Ronny Haryanto wrote:

> Yang manusiawi sih kalo udah mentok quota maka email yg akan masuk
> direject temporarily (code 4xx SMTP). Rata2 MTA yg saya pake udah begitu
> kok behaviournya.

Default jika error quota exceeded kalau diqmail memang temporary
error (4xx), kalau sudah dipatch bisa menjadi permanent error (5xx) :)

> Tujuannya apa kok mau dibuang ke /dev/null? Ingat loh, kalo MTA udah
> accept suatu mail sewaktu SMTP maka si MTA tersebut bertanggung jawab[1]
> supaya mailnya nggak hilang. Kalo dibuang ke /dev/null ya bertentangan
> dong jadinya, kecuali anda melaporkan bahwa emailnya anda buang, which
> doesn't make any sense, mendingan direject di SMTP kalo begitu.

Kalau karena quota mungkin saya setuju, tapi dalam beberapa hal
misalnya virus/spam, bisa saja email tsb didrop on the floor :-)
instead dibounce ke sender yang mungkin bisa saja fake.

Dan sepertinya postfix sudah mulai begitu (apa sudah lama ya hehe),
di tabel accessnya bisa support DISCARD[1].

[1] man 5 access
    DISCARD optional text...
    Claim successful delivery and silently discard the message.

 Asfihani