From: Rio Martin [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Saturday, October 04, 2003 2:23 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [linux-admin] Tanya ttg pembagian bandwidth donk

On Saturday 04 October 2003 14:13, lordsanjay wrote:
> Bagaiaman perbandingan CBQ dan HTB?
> Ada yang pernah membandingkan?
> Sandi.

Saya pernah pake kedua - duanya, karena dulu saya pun sama seperti mas Iwan
Kilis, ingin implementasi burstable bandwidth management untuk user yang
banyak, kalau saya dulu 20 users. Saya ingin bagi rata total bandwidth yang
disewa dari ISP dibagi 20users. Hal ini guna mengatasi Kazaa, DAP, FlashGet
yang dipakai oleh users, sehingga yang browsing akan kewalahan dan kalah
bandwidthnya.
Pertama kali saya coba adalah CBQ, di dokumentasinya dijelaskan bahwa si CBQ

bisa diset agar si children bisa ngambil bandwidth parent asalkan kosong.
Saya coba, tetapi waktu itu CBQ pada children class tidak bisa ambil parent
classnya secara full, paling banyak cuma 3Kbps.
Lalu saya coba beralih ke HTB, si HTB bisa ambil full bw parent class kalau
memang kosong. Hingga sekarang saya tetap pake HTB, dan sekarang user yang
dimanage oleh HTB = 80 -90 users.

Regards,
Rio Martin.