Digabung sama HTB,

saya memang ngga sempat lama pakenya, cuman sementara sebelum selesai script limiter HTB buat bridge. selama pake (sekitar 6 bln) wrr lumayan stabil dan fair.

dengan wrr lebih mudah kita menerapkan policy jaringan, misalnya download per client sekian, kalo lebih selama beberapa menit akibatnya bandwidth akan turun sampai sekian. juga pembagiannya cukup merata untuk semua client. client yg terpasang waktu pake wrr ada 50 unit dgn uplink nya 64kbps, tapi masih lumayan dibandingkan tanpa WRR, apalagi kalo user lagi asik download mp3 :)

WRR kalo menurut saya cuman pengganti sfq dan terus terang selama di pake memang nggak banya ngoprek, tapi jelas instalasinya lebih mudah dibandingkan dengan bikin script HTB ( maaf saya ngga pernah pake HTB.init ) dan juga hasilnya lumayan memuaskan dengan config sederhana untuk instalasi jaringan 1 gateway dgn banyak client.

kalo spesialisasinya sih sampe skarang kayaknya cuman buat fair distribution bandwidth doang ... jadi ngga kayak HTB ato CBQ yg bisa kita spesifik-kan traffic-nya.

Kalo dibanding dengan HTB saat ini, wah ngga tau yah .. kayak HTB udah lebih bagus, ditambah lagi sekarang bisa pake esfq buat que-nya

kalo dengan CBQ, ngga pernah pake saya :)

selebihnya kurang tau :) seperti saya bilang tadi .. karena kepepet aja pakenya .. heheheheh

btw, wrr stuck di kernel 2.4.19 .. belum tau kalo akan ada updatenya

Iwan Kilis
Kawanua Networks