Guys kayaknya diskusi di milis sdh lumayan lama berhenti makanya gue coba mulai lagi dengan topik harga sebuah gitar.

Jujur aja sampai saat ini gue masih bingung bagaimana sebenarnya Pabrikan itu menentukan harga sebuah gitar.   Apa bedanya fender telecaster John 5 yang harganya U$ 1000 sama Telecasternya Albert Collins yang U$ 3000.

Gue enggak ngomong gitar custom lho yang cat atau warnanya mesti pakai paint brush sehingga perlu pengerjaan yang lama (kalo ini wajarlah mahal)

Kalau memang specnya berbeda, sebenar seberapa jauh hal tersebut bisa mempengaruhi harga.

Atau kalau specsnya mirip seperti sama-sama pakai basswood atau alder, pakai seymour duncan, rosewood buat neck sama-sama kualitasnya bagus tapi harganya bisa beda abis.

Itu baru yang satu brand nah kalau beda brand gue makin bingung,  Gibson U$ 4000  sama fender U$ 1000  apa iya sampai segitu jauh bedanya yach.....

Yang sering gue denger adalah complain soal gibson dan PRS yang katanya overprice tapi gue enggak pernah tahu sebenarnya harga yang betul berapa.   Apa memang layak dikasih harga segitu...

Yang gue percaya harganya bener cuma marlique itu juga gara-gara gue kenal sama Boss Toein hehehehehehehe

Any comment, thanks

MERDEKA
Hidup AIM :-)
Vidi R