Siapa bilang harga Marlique itu bener ?!! Itu harga kepaksa tau !
Spt kata Andre, belum ada reputasi ( gak bisa dikarbit, it takes years !),
artisnye masih rambut item, ngomongnya masih lu gue belum I you..

MArgin jelas harus ada, dasarnya macem2. Mesti dianggarin u promosi, diskon
distribusi, competitor's price, juga yg gak kalah penting PAJAK !! ( sekarang
lagi gila, siap2 aja dikirimin kartu NPWP ke rumah..)

Asal tau, iklan di halaman dalam Guitar World USD 30,000.00 , Artist
endorsement
USD Ribu-ribu , dll.

Dlm kasus gitar baru spt Marlique dll, gak mungkin set harga di atas 3 juta.
Disitu kompetitor buanyak.. akibatnya : ya gak mampu pasang iklan banyak2,
semua serba pelan, bisa dibilang gerilya. Soal kualitas ga bisa ditawar (
serius.. bukan ngecap!!). Di sini kita masih harus berjuang ngilangin image
bahwa lokal itu jelek. Singkatnya; gak bisa kita bilang " murah minta bagus
!",soalnya konsumen tetap akan nuntut kualitas ; salah sendiri dihargain
segitu..

Juga jangan dibandingin dgn Cort misalnya, kenapa bisa murah ? Mereka
produksinya ribuan ! Discount material dr supplier jg beda. Pokoknya banyak
deh..

Intinya, kalau nurut gw; harga itu semua bener kok. Kalau gak kan pasti
juga gak
ada yg beli, kata teori " consumer's willingness to pay ', anak ekonomi pasti
tau..

Salam,
Toien