On  Thu, 6 Jun 2002 at 13:00 GMT +0800 (06/06/2002 12:00 where you think
I live) "Y4nUaR"=[Y] wrote to [EMAIL PROTECTED] :

Y> Jadi ngiri pengen nanyak nehh pak...
Y> Kalo untuk konfigurasi address booknya mdaemon (LDAP) itu gimana pak..???
Y> maksudnya biar address book tiap client itu sama semua.. alias sharing
Y> dari server... sudah saya coba tapi akhirnya yahh nanya.. ke
Y> masternya..juga he.he..

Utk  itu Anda perlu install LDaemon dan harus menggunakan Windows server
(NT4 atau W2K) sbg O/S nya.

Saat install dia akan tanya bbr hal a.l (contoh saja yg disini)

Country               : Indonesia-ID
Company/Organization  : Duta Integrasi Pratama
                        (perhatikan tidak boleh ada koma)
Root User Name        : Syafril Hermansyah
Root password         : <isi sendiri, dan jangan lupa>
Root Email            : [EMAIL PROTECTED]

Bbr catatan :
- nama  company,  country  dan port perlu dicatat krn hal itu akan kita
  gunakan saat search dari LDAP client (Email client).
- jika  Anda  menggunakan  W2K dan Active Directory terinstall, ubah
  LDAP  port (default 389) ke yg lain misalkan ke 3890 atau non aktifkan
  Active Directory di W2K.

Lalu  setting  melalui  Menu  Addres Book bahwa LDAP sbg default Address
Book.

Di  client,  aktifkan LDAP address book dan set LDAP server = ip address
MDaemon  (juga  portnya, jika Anda tidak menggunakan standard port 389),
gunakan Base Entry DN : o=Duta Integrasi Pratama, c=ID.

Sekarang  tinggal  cara  "mengisi"  address  book  di  LDAP Address Book
client, utk itu gunakan fasilitas search (kalau di TB!) atau Find people
(kalau  di  Outlook),  gunakan  search kriteria "@" (tanpa tanda kutip),
maka  semua  isi  Public Address Book akan tercopy ke Local Address Book
Client.

Saya  sih  disini,  LDAP Address book disebut "Global LDAP Address Book"
(krn  kami  punya  Global Address Book lain yg menggunakan The Bat!) utk
membedakannya dg Personal Address Book masing-2x user.

LDaemon  versi  1.0  yg bisa run dg MDaemon 5.x masih "in earlier state"
(primitive),  shg  fasilitas  Synchronisasi dg Address Book Client masih
harus  dilakukan secara manual secara berkala (spt cara diatas). LDaemon
2.x  yg  akan  datang bersama MDaemon 6.x sudah lebih maju, kita tinggal
installkan  ComAgent  (ini  nama  baru  dari Worldclient watch) kemudian
disitu  bisa  kita  aktifkan  "address  book synchronization" dg Outlook
Express atau MS Outlook2000/2002", dan sudah ada setting "trustee" siapa
saja yg berhak menambah/mengurangi isi Global Address Book (baik melalui
Comagent maupun melalui WebAdmin (ini nama baru utk WebConfig).

Syafril
=======
Syafril Hermansyah<[EMAIL PROTECTED]>

Saya menggunakan MDaemon 6.0 GM4 di W2K SP2

--
Arsip        : <http://mdaemon-l.dutaint.com>