Wah, masih ada ospek yaa ? saya sih masuk Gunadarma th '90, nggak ikut
ospek...jangankan ospek, penataran P4 aja nggak ikut !! dan lulus lancar2 aja
sih. Tapi kalu memang ada korban ospek begini memalukan bagi instritusi tapi
untuk dilihat itu kesalah institusi atau kesalahan individu atau kelompok juga
perlu diliat tujuan yg ingin di capai, kalau memang dalam pedoman ospek itu
tidak diberlakukan tindakan kekerasan dan penganiayaan  maka pelanggaran ini
lebih bersifat individu atau sekelompok, dan sebelum ada pihak yg dinyatakan
benar dan salah secara hukum tidak perlu dilakukan tuduhan2. Penyelewengan
hampir selalu ada dalam institusi dan bervariasi tingatannya, dan untuk
pelanggaran perlu dilakukan penegakan hukum. Penegakan hukum itu sendiri juga
idealnya tidak dengan melanggar hukum juga.

Ade