On Tue, 13 Aug 2002, Eko Rusdiyanto wrote:

> Dear all,
>
> Iseng2 saya buat ketentuan garansi software "tailor made".
> Mohon kritik/saran/tambahan...
> Jika mungkin tolong tanggapan per-item.
>
> Mohon kritik/saran/tambahan...
> Jika mungkin tolong tanggapan per-item.

Saran saya coba diliat di

http://www.aaaarch.org/doc13/ServiceLevelAgreement.htm

http://www.nextslm.org/slm4.html

http://www.nextslm.org/internalsla.html

Perlu dibedakan (atau didefinisikan dg jelas) apakah software atau
"service dari tailor made software".  Kemudian juga apakan ini "kontrak
atau pernyataan garansi), keduanya punya nafas yg jelas berbeda.

Unutk ditailnya mungkin tanya lawyer dulu (kalo udah ke kontrak dlsb,
sebaiknya dikaitkan dg aturan perundangan yg berlaku).

Menurut saya di kontrak seperti ini harus dijelaskan

1. Definisi (pelanggan, dan pemberi layanan-pembuat produk)
2. Definisi (ruang lingkup) layanan atau produk
3. Rentang waktu

> ************
> PIHAK KEDUA memberikan garansi untuk performa aplikasi selama X
> bulan/tahun terhitung sejak diserahkannya seluruh aplikasi kepada PIHAK

Pertanyaan :

- Bagaimana menentukan "performa aplikasi" ??? kalau tidak disebutkan
  dalam kontrak tentu saja bisa terjadi "debat" ketika si pengguna
  menyatakan sistemnya tak memenuhi kinerja.

> PIHAK KEDUA memberikan garansi untuk performa aplikasi selama X
> bulan/tahun terhitung sejak diserahkannya seluruh aplikasi kepada PIHAK
> PERTAMA, dengan ketentuan sebagai berikut:
> 6.1.  Garansi berlaku hanya untuk modul yang dibuat.
> 6.2.  Garansi berlaku untuk perangkat lunak pendukung modul, seperti
> Sistem Operasi, Server Web, Server Database, Keamanan dan utilitas
> lainnya. Perangkat lunak pendukung modul merupakan versi stabil yang
> terbaru.

Perlu didefinisikan dulu "Garansi" yg dimaksud apa saja :

- Bug removal ?
- Additional feauture ?
- Perbaikan akibat ketidak sesuaian dg requirement ?

> 6.3.  Garansi tidak berupa penambahan modul atau perubahan desain
> antar-muka.

Kalau begitu sebaiknya mengacu ke document misalnya "Garansi tidak berupa
penamban modl atau perubahan requirement, seperti yg disetujui pada
document xxxxx"

> 6.4.  Garansi tidak berlaku untuk gangguan atau kesalahan yang
> disebabkan oleh kesalahan memasukkan atau input (misal kesalahan ketik),
> sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan pengeluaran atau output yang
> tidak sesuai.

Bagaimana dg kondisi kesalahan memasukkan input yg tidak di"tangani dengan
baik oleh program" (contoh very long string ?, string attack... misalnya).
Bisa saja terjadi, suatu program tidak dibuat dg baik, sehingga ketika
user mengetik "ngawur" mengakibatkan dg hang.

> 6.5.  Garansi tidak berlaku lagi untuk gangguan atau kesalahan atau
> kerusakan yang disebabkan oleh perubahan atas kode modul aplikasi oleh
> pihak lain tanpa persetujuan pihak KEDUA.

Lainnya ntar dulu deh..he.he