--- Eko Rusdiyanto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Apakah client mesti accept dulu (tanda tangan berita
> acara) untuk
> busines process baru melanjutkan ke step berikutnya
> ?

Secara formal pada akhir meeting client diminta
menandatangani dokumen tentang bussiness proccess yang
dijadikan rujukan bersama. Ini untuk menghindari
kesalahan klasik kasus membuat rumah, client
membayangkan istana, developer membayangkan rumah
mungil dengan satu kamar. :D

> Bagaimana jika kesalahan terletak di business
> process, dimana business
> process sebagian besar merupakan tanggung jawab
> client?

Jika yang dimaksudkan adalah pengembangan sistem
informasi, bila terdapat bussiness proccess yang tidak
tepat merupakan tanggung jawab client DAN developer.

Hendaknya dipisahkan antara pengembangan sistem
informasi dan pengembangan aplikasi. Bila developer
berperan sebagai pengembang aplikasi saja, maka
tanggung jawab atas kesalahan bussiness proses berada
di pihak client.

> Bagaimana jika
> clientnya tidak mamahami hal ini ?
> Kadang2 client sendiri tidak memiliki SOP utk bisnis
> prosesnya... :)

Ya merupakan tanggung jawab developer untuk
mengedukasi clientnya. Umumnya hal ini sudah menjadi
salah satu tugas consultant. Masalah tidak adanya SOP,
sepengetahuan saya di Indonesia banyak yang belum
mempunyainya, dan herannya banyak perusahaan tersebut
termasuk perusahaan besar. Untuk itu maka sebaiknya
proporsal yang ditawarkan adalah termasuk pengembangan
sistem informasi. Jika yang ditawarkan hanya
pengembangan aplikasi, ada kekhawatiran developer dan
client tersebut akan terjebak dalam situasi "Never
ending IT Project".

IPBS