On Wed, 14 Aug 2002, Issotyo P.B.S wrote:

> Mungkin yang lebih perlu dimasyarakatkan adalah
> pemahaman tahapan2 pengembangan sistem informasinya.

Model pengembangan sistem informasi yg dianut di Indonesia, sebagian
besarmasih menganut aliran "system driven" (bahkan dg metoda yg tergolong
lama, waterfall dll).

Saat ini harus sudah mulai diubah, metoda pengembangan sistem inmformasi
sehingga lebih soft atau user centered (memasukkan unsur sosial, bahasa
dll).

Paper lama saya (yg mungkin juga masih related)

http://wiryana.pandu.org/artikel/paper_issm/

> Tahapan pengembangan sistem informasi yang sering dilewatkan karena
> dinilai terlalu memakan waktu adalah pada tahapan desain dan analisa
> sistem.  Dalam tahapan ini ada yang dikenal sebagai "requirement
> enginering", yaitu suatu cara untuk "menangkap" kebutuhan client.

Sebetulnya ini juga ber"awal" dari pendidikan yg diterima 8-), sebagian
besar masih memfokuskan pada pembuatan program (perhatikan PI, dan
skripsi, rata-rata masih menginginkan pembuatan program).

> BTW Mark, thread ini jadi semakin menarik. Kesan yang saya tangkap
> dari diskusi yang mengalir mungkin lebih mengarah kepada Software QA
> (Quality Assurance). Yaitu penjaminan mutu software, karena logisnya,
> yang anda jamin (waranty) yang terpenting adalah mutunya (Quality)
> bukan ? Banyak hal menarik dalam Software QA seperti SEI-CMM

QA pada dasarnya menjamin 2 hal

- Proses
- Product

Jadi kita harus memperhatikan apa yg dijamin oleh tiap bakuan tersebut.
Indonesia juga mengembangkan yg namanya model RISE (temen-temen di TElkom
yg banyak terlibat).

> (Capability Maturity Model), ISO9001:2000 dan IEEE/ANSI standard 730.
> Saya sendiri belum mengenal standar IEEE 730, mungkin pak Made bisa
> menjelaskan? Karena setahu saya standar IEEE sangat dominan di wilayah
> Eropa, dan di Amerika standar yang dipakai CMM.

DI Eropa banyak standard lainnya (misal Jerman memakai DIN, INggris
mengacu ke IEE, dan beberapa standard lainnya).  Saya ada coret-coretannya
kalau tertarik..

IMW