> Kendalanya :
>
> 1. Siapa yg mau (alumni mana yg mau)
> 2. Siapa yg bisa persisten melakukan hal ini
>
> Bukannya saya merendahkan alumni tapi melihat kenyataan yg ada.

Memang agaknya sulit kalo sepenuhnya mengandalkan alumni, karena
kepentingannya sudah berbeda, konsentrasi sudah mencari nafkah, nikah, punya
anak dll... :)  Mungkin untuk memulainya alumni bisa membantu tapi untuk
pengelolaannya tetap harus diserahkan oleh mahasiswa, misalnya dibuatkan
badan pengurus perpustakaan dari Senat mahasiswa.  Karena nantinya akan
membantu mereka juga ketika mereka sudah alumni dan kerja, dari pada harus
ke Hardi mangga dua untuk beli buku bajakan, mendingan ke perpustakaan
(alumni) Gundarama.

Seperti situs gunadarma.ac.id yang baru ini, setau saya seluruh contentnya
dikelola oleh staf BAPSI dan tidak melibatkan mahasiswa sama sekali untuk
pengelolaannya.  Menurut saya ada baiknya kalo content situs juga melibatkan
mahasiswa sehingga ada rasa terlibatkan dan kebanggaan tersendiri karena
sudah ikut berpartisipasi dalam pengembangan kampusnya.

> Kalau saya tidak muluk-muluk, alumni bikin aja situs
> alumni.gunadarma.ac.id yg isinya informasi, tutorial, dsb yg membantu
> mahasiswa (sama khan prinsipnya dg perpustakaan di atas.

Sebenarnya hal semacam ini sudah ada Pak di
http://gunadarma.ac.id/nonakademis/bukugratis.php, tapi memang belum detail,
hanya tersedia link2 sumber buku online gratis.  Mungkin pengelola situs
gunadarma.ac.id dapat menambahkan feature2 pada halaman tersebut untuk
menampung informasi, dokumen2 dan tutorial seperti yang dimaksud Pak Made.

>Kalo toh alumni berniat membuka perpustakaan sendiri ya silahkan buka
>publik library di luar (biar yg merasakan tidak hanya mahasiswa Gunadarma
>saja)

Waduh Pak, kalo harus modal sendiri sulit sekali. Masalahnya classic, dari
segi ekonominya Pak. :)