On Thu, 5 Jun 2003, Marhaena wrote:

> Sepertinya diskusi ini dititik beratkan kepada prilaku mahasiswa yg notabene
> masih belum bisa bertanggung jawab, berarti masalahnya adalah bagaimana
> caranya mengatasi/mengubah prilaku para mahasiswa?  Ok kita mulai dari diri
> sendiri, tapi adakah cara lain yg lebih baik, yg dapat merubah perilaku
> mahasiswa secara masal?

Mahasiswa adalah bagian dari masyarakat luas.  Sayangnya definisi
bagaimana mahasiswa itu sangat berbeda antara situasi di Eropa dan
Indonesia.  Di Eropa  relatif mahasiswa diposisikan oleh masyarakat
sebagai orang yg telah dewasa, dan bisa menentukan apa yg dia inginkan (dg
kata lain dia yg dapat merubah lingkungan, bukan dia yg dipengaruhi
lingkungan).

Sayangnya yg terjadi di Indonesia, adalah mahasiswa masih belum diharapkan
sebagai pihak yg tidak bergantung pada lingkungan (artinya masih sangat
bergantung pada UNi tempat belajar, lingkungan dsb).

> Hanya orang2 yg ada dimilis ini "yg tau" bahwa kita harus mulai dari
> diri sendiri (dan itu pun tidak semua orang setuju)... bagaimana
> dengan mahasiswa lain yg tidak bergabung dimilis ini?  Bisa tidak
> kita/kampus membuat suatu "behaviour conditioning" untuk "mencetak"
> mahasiswa dg prilaku "unggul"?

Selama hal itu dilakukan artinya kita tetap mengambil asumsi, bahwa
mahasiswa belumlah "makhluk yg dewasa" 8-). Yaitu mahasiswa harus
didorong, dibentuk, dikondisikan agar bisa maju.

Jadi dilema, ingin mendudukkan mahasiswa sebagai makhluk yg dewasa,
dianggap salah 8-)