On Thu, 5 Jun 2003, Marhaena wrote:

> Memang agaknya sulit kalo sepenuhnya mengandalkan alumni, karena
> kepentingannya sudah berbeda, konsentrasi sudah mencari nafkah, nikah, punya
> anak dll... :)  Mungkin untuk memulainya alumni bisa membantu tapi untuk
> pengelolaannya tetap harus diserahkan oleh mahasiswa, misalnya dibuatkan
> badan pengurus perpustakaan dari Senat mahasiswa.  Karena nantinya akan
> membantu mereka juga ketika mereka sudah alumni dan kerja, dari pada harus
> ke Hardi mangga dua untuk beli buku bajakan, mendingan ke perpustakaan
> (alumni) Gundarama.

Hm utk model organisasi (kegiatan seperti itu), (alumni memberi jalan ke
mahasiswa), seharusnya (saya katakan seharusnya) tidak perlu membutuhkan
bantuan dari Uni 8-).  (dengan melihat model-model lainnya yg ada).
Artinya bantuan ini merupakan bantuan dari "alumni-mahasiswa", paling Uni
hanya bersifat penyambung antara mereka.  Kalau nantinya tetap mengharap
fasilita dari Uni, ya podo wae 8-)

Seharunya model bantuan tersebut bisa diterapkan secara fleksible tanpa
organisasi yg rumit, yg penting niat yg persisnten.  Nah sayangnya hal yg
terakhir ini yg "mahal" alias jarang sekali ada.  Artinya bisa saja
"sekelompok alumni" membentuk semacam yayasan, dsb yg membuka perpusktaan
buat mahasiswa.

> Seperti situs gunadarma.ac.id yang baru ini, setau saya seluruh contentnya
> dikelola oleh staf BAPSI dan tidak melibatkan mahasiswa sama sekali untuk
> pengelolaannya.  Menurut saya ada baiknya kalo content situs juga melibatkan
> mahasiswa sehingga ada rasa terlibatkan dan kebanggaan tersendiri karena
> sudah ikut berpartisipasi dalam pengembangan kampusnya.

Sejak awal pengembangan situs Gunadarma, sering mengajak mahasiswa, tetapi
rata-rata "kontinuitas"nya sering dipertanyakan (artinya ketika semangat
mau, tetapi lama-lama menghilang). Nah ini sulitnya.

> Sebenarnya hal semacam ini sudah ada Pak di
> http://gunadarma.ac.id/nonakademis/bukugratis.php, tapi memang belum detail,
> hanya tersedia link2 sumber buku online gratis.  Mungkin pengelola situs
> gunadarma.ac.id dapat menambahkan feature2 pada halaman tersebut untuk
> menampung informasi, dokumen2 dan tutorial seperti yang dimaksud Pak Made.

Hehehe di salah satu link ftp://gunadarma.ac.id/.. ada buanyakkk file buku
gratis dan paper... siapa yg meletakkan ? hehehe

BTW, emangnya siapa yg ngasih tahu link di url yg anda berikan ? hihihih

Yang saya maksud adalah alumni memberikan "content" bebas ke situs
tersebut.  Nah ini merupakan salah satu sumbangan alumni ke mahasiswa
tanpa perlu melibatkan biaya/organisasi yg rumit.

Contoh beberapa alumni khan ada yg aktif menyumbang di situs TIM PANDU

> Waduh Pak, kalo harus modal sendiri sulit sekali. Masalahnya classic, dari
> segi ekonominya Pak. :)

Saya yakin kalau saling bahu membahu (alumni itu banyak khan ?) bisa
terjadi.  Kalau semua alasannya "ekonomi" (Alias nunggu kaya raya banget
baru membantu), maka nggak akan terjadi karena orang cenderung tidak
pernah merasa cukup dari segi ekonomi.  Manusiawi sekali..he.he