Thanks mas responnya,
saya sudah test email dari Gmail dan yahoo tidak ada masalah...(bisa terima dan 
kirim tanpa error)
error tersebut terjadi hanya 2 kali saja sore kemarin setelah diganti setting 
main.conf di postfix.

hasilnya memang hari ini hampir tidak ada SPAM masuk.
sore kemarin saya check di report memang banyak sekali spam yang terblok oleh 
zen.spamhaus.org


ini saya sertakan postconf -n nya, untuk maillog nya saya coba grep dengan 
error 451 tapi tidak dapat.. mungkin sudah terhapus.

[r...@cc log]# postconf -n
alias_database = hash:/etc/postfix/aliases
alias_maps = hash:/etc/postfix/aliases
bounce_queue_lifetime = 6h
broken_sasl_auth_clients = yes
command_directory = /usr/sbin
config_directory = /etc/postfix
content_filter = mailprefilter
daemon_directory = /usr/libexec/postfix
debug_peer_level = 2
html_directory = no
inet_interfaces = all
local_recipient_maps = proxy:unix:passwd.byname $alias_maps
luser_relay =
mail_owner = postfix
mailbox_size_limit = 10240000
mailbox_transport = mailpostfilter
mailq_path = /usr/bin/mailq.postfix
manpage_directory = /usr/share/man
message_size_limit = 10240000
message_strip_characters = \0
mydestination = $myhostname, localhost.$mydomain, localhost, $mydomain
mydomain = id.mercycorps.org
myhostname = cc.id.mercycorps.org
mynetworks = 192.168.0.0/24, 192.168.0.106, 202.123.xxx.xxx
myorigin = $mydomain
newaliases_path = /usr/bin/newaliases.postfix
queue_directory = /var/spool/postfix
recipient_delimiter = +
sendmail_path = /usr/sbin/sendmail.postfix
setgid_group = postdrop
smtpd_client_restrictions = check_sender_access 
hash:/etc/postfix/filters/sa-blacklist,check_helo_access 
hash:/etc/postfix/helo_blacklist, reject_rbl_client zen.spamhaus.org, 
reject_rbl_client bl.spamcop.net, reject_rbl_client dnsbl.njabl.org
smtpd_recipient_restrictions = hash:/etc/postfix/protected_destinations, 
permit_sasl_authenticated, permit_mynetworks, reject_unauth_destination, 
check_policy_service unix:/var/spool/postfix/postgrey/socket
smtpd_restriction_classes = insiders_only
smtpd_sasl_auth_enable = yes
smtpd_sasl_local_domain = $mydomain
smtpd_sasl_security_options = noanonymous
smtpd_sender_restrictions = check_sender_access 
hash:/etc/postfix/filters/sa-blacklist
smtpd_tls_cert_file = /etc/postfix/cert.pem
smtpd_tls_key_file = /etc/postfix/key.pem
smtpd_tls_loglevel = 1
smtpd_use_tls = yes
transport_maps = hash:/etc/postfix/transport
unknown_local_recipient_reject_code = 550

dan ini helo_blacklistnya

kk.id.domainku.org 554 Do not use our  name as your HELO!!
202.154.xxx.xxx Do not use our IP as your HELO!!
reject_invalid_hostname blocks HELO that do not use hostname allowed in DNS
reject_non_fqdn_hostname blocks HELO that do not have a fully qualified domain 
name like "localhost" etc.


terima kasih,


Dwi


--- On Tue, 6/16/09, medwinz <[email protected]> wrote:

From: medwinz <[email protected]>
Subject: Re: [*openSUSE-ID*] tanya email
To: "Mailing List Komunitas openSUSE Indonesia" <[email protected]>
Date: Tuesday, June 16, 2009, 9:09 AM

2009/6/15 Dwi Budiarto <[email protected]>:
> Hallo Mas Medwinz,
>
> aku coba cara ini, tetapi aku dapat error report dari postmaster seperti ini.
>
> Postfix SMTP server: errors from 
> 118-161-242-27.dynamic.hinet.net[118.161.242.27]
>
> Transcript of session follows.
>
>  Out: 220 kk.id.domainku.org ESMTP Postfix
>  In:  HELO 202.154.23.305
>  Out: 250 kk.id.domainku.org
>  In:  MAIL FROM: <[email protected]>
>  Out: 250 Ok
>  In:  RCPT TO: <[email protected]>
>  Out: 451 Server configuration error
>
> Session aborted, reason: lost connection
>
> sepertinya ini Spam yang coba menggunakan kk.domainku.org yang error karena 
> di drop connection nya
> bisa tolong di beri pencerahan..

Iya ini ada error.
Log (coba grep /var/log/mail saat kejadian) dan postconf -n nya?
Ini emang sering kejadian kalau postfix melakukan
"verify_domain_client" dan domainnya gak bisa di verify. Biasanya mail
server pengirim akan mengulang mengirim beberapa kali.

Coba anda kirim dari account gmail anda misalnya ke account anda di
mail server itu, ada report bounce nya gak?

Bisa juga memang ada spam yang mau coba manfaatin mail server anda tapi di drop.

Masalahnya error reportnya 451 Server configuration error, takutnya
ada konfigurasi postfix yang error.

salam,
medwinz
_______________________________________________
milis mailing list
[email protected]
http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org



      
_______________________________________________
milis mailing list
[email protected]
http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org

Kirim email ke