Thanks mas responnya, saya sudah test email dari Gmail dan yahoo tidak ada masalah...(bisa terima dan kirim tanpa error) error tersebut terjadi hanya 2 kali saja sore kemarin setelah diganti setting main.conf di postfix.
hasilnya memang hari ini hampir tidak ada SPAM masuk. sore kemarin saya check di report memang banyak sekali spam yang terblok oleh zen.spamhaus.org ini saya sertakan postconf -n nya, untuk maillog nya saya coba grep dengan error 451 tapi tidak dapat.. mungkin sudah terhapus. [r...@cc log]# postconf -n alias_database = hash:/etc/postfix/aliases alias_maps = hash:/etc/postfix/aliases bounce_queue_lifetime = 6h broken_sasl_auth_clients = yes command_directory = /usr/sbin config_directory = /etc/postfix content_filter = mailprefilter daemon_directory = /usr/libexec/postfix debug_peer_level = 2 html_directory = no inet_interfaces = all local_recipient_maps = proxy:unix:passwd.byname $alias_maps luser_relay = mail_owner = postfix mailbox_size_limit = 10240000 mailbox_transport = mailpostfilter mailq_path = /usr/bin/mailq.postfix manpage_directory = /usr/share/man message_size_limit = 10240000 message_strip_characters = \0 mydestination = $myhostname, localhost.$mydomain, localhost, $mydomain mydomain = id.mercycorps.org myhostname = cc.id.mercycorps.org mynetworks = 192.168.0.0/24, 192.168.0.106, 202.123.xxx.xxx myorigin = $mydomain newaliases_path = /usr/bin/newaliases.postfix queue_directory = /var/spool/postfix recipient_delimiter = + sendmail_path = /usr/sbin/sendmail.postfix setgid_group = postdrop smtpd_client_restrictions = check_sender_access hash:/etc/postfix/filters/sa-blacklist,check_helo_access hash:/etc/postfix/helo_blacklist, reject_rbl_client zen.spamhaus.org, reject_rbl_client bl.spamcop.net, reject_rbl_client dnsbl.njabl.org smtpd_recipient_restrictions = hash:/etc/postfix/protected_destinations, permit_sasl_authenticated, permit_mynetworks, reject_unauth_destination, check_policy_service unix:/var/spool/postfix/postgrey/socket smtpd_restriction_classes = insiders_only smtpd_sasl_auth_enable = yes smtpd_sasl_local_domain = $mydomain smtpd_sasl_security_options = noanonymous smtpd_sender_restrictions = check_sender_access hash:/etc/postfix/filters/sa-blacklist smtpd_tls_cert_file = /etc/postfix/cert.pem smtpd_tls_key_file = /etc/postfix/key.pem smtpd_tls_loglevel = 1 smtpd_use_tls = yes transport_maps = hash:/etc/postfix/transport unknown_local_recipient_reject_code = 550 dan ini helo_blacklistnya kk.id.domainku.org 554 Do not use our name as your HELO!! 202.154.xxx.xxx Do not use our IP as your HELO!! reject_invalid_hostname blocks HELO that do not use hostname allowed in DNS reject_non_fqdn_hostname blocks HELO that do not have a fully qualified domain name like "localhost" etc. terima kasih, Dwi --- On Tue, 6/16/09, medwinz <[email protected]> wrote: From: medwinz <[email protected]> Subject: Re: [*openSUSE-ID*] tanya email To: "Mailing List Komunitas openSUSE Indonesia" <[email protected]> Date: Tuesday, June 16, 2009, 9:09 AM 2009/6/15 Dwi Budiarto <[email protected]>: > Hallo Mas Medwinz, > > aku coba cara ini, tetapi aku dapat error report dari postmaster seperti ini. > > Postfix SMTP server: errors from > 118-161-242-27.dynamic.hinet.net[118.161.242.27] > > Transcript of session follows. > > Out: 220 kk.id.domainku.org ESMTP Postfix > In: HELO 202.154.23.305 > Out: 250 kk.id.domainku.org > In: MAIL FROM: <[email protected]> > Out: 250 Ok > In: RCPT TO: <[email protected]> > Out: 451 Server configuration error > > Session aborted, reason: lost connection > > sepertinya ini Spam yang coba menggunakan kk.domainku.org yang error karena > di drop connection nya > bisa tolong di beri pencerahan.. Iya ini ada error. Log (coba grep /var/log/mail saat kejadian) dan postconf -n nya? Ini emang sering kejadian kalau postfix melakukan "verify_domain_client" dan domainnya gak bisa di verify. Biasanya mail server pengirim akan mengulang mengirim beberapa kali. Coba anda kirim dari account gmail anda misalnya ke account anda di mail server itu, ada report bounce nya gak? Bisa juga memang ada spam yang mau coba manfaatin mail server anda tapi di drop. Masalahnya error reportnya 451 Server configuration error, takutnya ada konfigurasi postfix yang error. salam, medwinz _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org
