From: obrolan-bandar@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
On Behalf Of kang_ocoy_maen_saham
Sent: Friday, July 11, 2008 9:55 AM
To: obrolan-bandar@yahoogroups.com
Subject: [obrolan-bandar] Re: BUMI Update: Price to Rp. 4500,-

kalo saya sih seturun2nya tren skrg masih nyantay deh pak selama rasio
harga ekonomi energy used-up Coal Vs Oil masih di bawah kisaran 1/3nya.

data saya sih, terakhir di juli (level minyak $140 en thermal $185)
dikasih sama energy analystnya "Big-Brothers Firm"(ikut2an pake
istilah ini ;P) Per Jam MW Electricity dengan australian coal (thermal
newcastle) tuh 11 Euro, sementara kalo natural gas 26 Euro en kalo
pake Oil 50.5 Euro.

dibawah 1/4 Tuh kayanya bakal jd rule of thumb deh, given polusi yg
ditimbulkan ama coal. tp reservenya paling standing en reliable.,
perencanaan penyedian listrik yg relatif lebih murah di negara2
berkembang sih pasti msh tetep ke coal sih ya(kalo di indo sih mending
lebih sip ke panas bumi aja dah mumpung ada resourcenya).

nah kalo kita anggep minyak turun seturun2nya paling di $90 aja, yg
berarti thermal coal kira2 normalnya di level $110-$120an, yg berarti
kira2 ASP BUMI bisa di $80-$85an 2009 ke depan., saya sih masih
nampungin guyuran BUMI nih. ehehehehe. 70 jUTA tON pRODUKSI kali ASP
85 yang kalo saya rasa sih bisa sustain. apalagi kalo pake persepsi
level sustain Ici(iNDONESIAN cOAL iNDEX) utk ICI-2(5800 kCAL) di $90an
waa. sik asik asik asik dah. 4500 mah tenkyu berat deh, baek bener yg
ngasih saya segitu pasti ane tampung tampung.

referensi ICI juni.

Grade CV (Kcal/kg) GAR Price ($/ton) FOB
ICI-1 6500 120.36
ICI-2 5800 95.17
ICI-3 5000 75.58

bubble sih mungkin kalo diliat pake Plug Taun lalu ASP Bumi $44 en
Produksi 54.2 Juta Operating Profitnya 376 Juta Dollar. suppose normal
Operating Profit skrg adalah di $70 dan Produksi 68 Juta Ton hehe
after Minority Incomenya saya rasa sih masih di 1.2-1.4 $ BioAn.
Normal EPV berarti bisa 16-17 Usd Bio an. Account sama Fixed Asset
jadi 17-18 Bio USD An. dengan sekarang Posisi Market Cap di 139.7 T,
dengan Kurs 9160 jadi 15 Bio Usd an. Would U Say That a "BUBBLE"??
krn itu berarti harga mempriced-in kekuatan Produksi BUMI hanya mentok
di 70 Juta Ton en ASP$70., yg berarti overlooked outlook coal en
increase production di masa datang. Coal skrg di $160, mo turun ke
$100 juga suppose emang Sustain disitu dan 2009 ke depan seluruh
produksi dijual di harga $100 itu. trus produksi bisa ditingkatin
hingga nyampe 100 juta ton di 2011. wadaw wadaw wadaw wadaw berapa tu
diskonnya coba??,

yg kampret di BUMI cuman manajemennya ngotot banget beli herald,
burn-up cash itu kalo kata saya mah., mending nambah fasilitas
produksi en pelabuhan biar volume bisa improve banyak.

so am i selling??... No Saya Nampungin... Mari menuju 4500..
hehehehehe.. ASIK ASIK., ENAK ENAK..

--- In obrolan-bandar@ <mailto:obrolan-bandar%40yahoogroups.com>
yahoogroups.com, Rei <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Thank you pak Jos. Ini harga Newcastle naik terus tapi di Eropa
turun, koq bisa ada perbedaan spt itu...bukankah ini nanti bisa
meng-create opportunity buat pihak2 tertentu ya. Jenis coalnya beda ya?

Kirim email ke